SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model PembelajaranProblem Based LearningPada Mata PelajaranKonstrusiBangunanUntukMeningkatkanHasilBelajardanMotivasiBelajarSiswaKelas X GambarBangunan di SMK

Kalsum .

Abstrak


ABSTRAK

 

Kalsum. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Konstrusi Bangunan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Gambar Bangunan di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Boedi Rahardjo, M.Pd, M.T., (2) Drs. Priyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Siswa

 

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berbasis masalah dengan menghadapkan siswa pada permasalahan dunia nyata sebagai konteks pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal, model pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab. Dari hasil observasi terdapat beberapa siswa yang masih kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan kurang tanggap dalam penerimaan materi, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang efektif yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning,karena dengan menggunakan model Problem Based Learning, siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar yang dimana siswa dihadapkan pada permasalahan dunia nyata sebagai konteks pembelajaran.

Penelitian ini bertujuanuntuk: (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, dan (2) meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis, analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan reflektif.

Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan dengan peningkatan presentase rata-rata pada siklus I sebesar 61.3% terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 90.3% sedangkan pada motivasi belajar siswa didapat presentase rata-rata pada siklus I sebesar 66.5% terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 85.8%.

Berdasarkan hasil penelitianini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan pada kelas X Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang.