SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Tugas Mandiri Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran AutoCAD Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu

anton wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: tugas mandiri, hasil belajar, autoCAD

Salah satu metode pembelajaran adalah metode tugas mandiri.Tugas mandiri pada mata pelajaran autoCAD merupakan tugas yang bertujuan untuk menambah waktu belajar siswa dengan melakukan latihan-latihan selama mengerjakan tugas, sehingga penguasaan siswa terhadap materi pelajaran diharapkan dapat bertambah. Di SMK Negeri 3 Boyolangu untuk meningkatkan hasil belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) belum pernah diterapkan metode tugas mandiri. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu penelitian mengenai pengaruh metode tugas mandiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran autoCAD.Tujuanya, untuk mengetahui pengaruh metode tugas mandiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran autoCAD sehingga metode pembelajaran yang diterapkan benar-benar bermanfaat bagi siswa.

Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain posttest only control design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 dan XI TGB 2 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah sampel kurang dari 100 siswa. Pengambilan data di peroleh berdasarkan nilai posttest dan nilai praktik.

 

Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest kelompok kontro l73.75 dan kelompok eksperimen 79.46, sedangkan rata-rata nilai praktik kelompok kontrol 75.81dan kelompok eksperimen 81.73. Hasil signifikansi  nilai posttest 0.013 dan nilai praktik 0.000 lebih kecil dari nilai alpha 5% (0.05).Kesimpulan penelitian (1)  Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif, siswa yang memperoleh perlakuan tugas mandiri, lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak memperoleh tugas mandiri; (2) Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik, siswa yang memperoleh perlakuan tugas mandiri, lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak memperoleh tugas mandiri; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian tugas mandiri terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Autocad, program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Boyolangu; (4) Terdapat pening katan aktifitas interaksi antara siswa dan siswa, siswadan guru, serta peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaian tugas-tugas matapelajar anautoCAD.