SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK SE-KOTA MALANG

Nur Khumairoh

Abstrak


ABSTRAK

Khumairoh, Nur. 2017. Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak (Autocad) Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S. T., M.Pd, (II) Dr. R. M. Sugandi, S. T., M. T.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Hasil Belajar

 

Seorang guru dituntut harus memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang baik guna menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, mendidik, dan menyenangkan dalam mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad). Suasana belajar yang menyenangkan diharapkan dapat memotivasi siswa belajar lebih bersemangat, aktif bertanya, tidak bosan mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran dan tanggung jawab guru sebagai pendidik semuanya dapat terpenuhi.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan korelatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan objek yang diteliti melalui data sampel sebagaimana adanya dan mengetahui hubungan antar ketiga variabel tersebut. Pada tahap uii coba instrumen dalam bentuk angket, diperoleh hasil 35 pernyataan valid, dan 11 pernyataan tidak valid. Sedangkan reliabelitas dari kompetensi pedagogik dan profesional guru mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad) sebesar 0,917 yang berarti reliabel. Pada tahap pelaksanaan, angket tersebut diberikan kepada 85 siswa kelas XI untuk memberikan persepsinya terhadap guru yang mengampu mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad). Setelah memperoleh data, peneliti melakukan tabulasi (skor) untuk mendeskripsikan ketiga variabel dan analisis statistik inferensial menggunakan bantuan SPSS for Windos Versi 21.

Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: (1) Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad) termasuk dalam kriteria baik dengan skor  (77%). (2) Kompetensi profesional guru mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad) termasuk dalam kriteria sangat baik dengan skor (85%). (3) Hasil belajar siswa termasuk dalam kriteria baik dengan nilai rata-rata (80,84). (4) Hubungan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran tersebut dengan hasil belajar memiliki kekuatan hubungan (0,423) dan termasuk dalam kriteria sedang, positif, dan signifikan. (5) Hubungan kompetensi profesional guru mata pelajaran tersebut dengan hasil belajar memiliki kekuatan hubungan (0,427) dan termasuk dalam kriteria sedang, positif, dan signifikan. (6) Hubungan kompetensi pedagogik dan profesional guru mata pelajaran tersebut dengan hasil belajar memiliki kekuatan hubungan (0,499) dan termasuk dalam kriteria sedang, positif, dan signifikan.