SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM LABORATORIUM PENGUJIAN BAHAN PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Lavinda Indanus Proboputri

Abstrak


 

 

ABSTRAK

 

Proboputri, Lavinda Indanus. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Laboratorium Pengujian Bahan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Drs. Priyono, M.Pd, (II) Dr. R. M. Sugandi, M.T.

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Praktikum Laboratorium Pengujian Bahan.

   Modul pembelajaran merupakan bahan ajar yang dibuat untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran yang membimbing mahasiswa agar dapat belajar secara mandiri belajar tanpa harus bimbingan dosen.

            Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk modul pembelajaran yang valid sebagai sumber belajar yang memenuhi kualifikasi universitas dalam mata kuliah praktikum laboratorium pengujian bahan pada materi uji tarik baja.

            Penelitian ini menggunakan model sugiyono yang telah dimodifikasi. langkah-langkah pengembangan ini yaitu mengidentifikasi masalah dan kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, penyusunan produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba terbatas. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu mahasiswa offering c-c untuk kelas kontrol dan offering e-e untuk kelas eksperimen. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.

            Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta pada ujicoba lapangan sebanyak 20 orang. Setelah dilakukan metode analisis, hasil validasi modul pembelajaran ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli materi didapatkan skor prosentase sebesar 96,25%, ahli media sebesar 98,21%, dari ujicoba lapangan didapat skor prosentase 81,24%. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Hasil belajar mahasiswa dari hasil pottes kelas kontrol dan eksperimen melalui T-test Independent Sample yang diperoleh nilai Psig (0,001