SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang

yusra khairunnisaq

Abstrak


ABSTRAK

Khairunnisaq, Yusra. 2017. Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Sutrisno, S.T., Pd, (II) Drs. Priyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Hasil belajar.

Upaya untuk mendukung keberhasilan tujuan pendidikan adalah dengan perbaikan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru tidak terlepas pada hasil belajar siswa, namun pada kondisi di SMK Nasional hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi pembelajaran. guru masih menggunakan metode pembelajaran  konvensional yang tidak melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan tidak ada media pembelajaran yang mendukung, sedangkan keaktifan siswa dan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul merupakan alternatif untuk memperbaiki masalah ini.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul yang optimal pada mata pelajaran Menggambar PerangkatLunak di SMK Nasional Malang, (2) aktivitas belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang pada mata pelajaran Menggambar Perangkat Lunak setelah penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul, dan (3) hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang pada mata pelajaran Menggambar Perangkat Lunak setelah penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai tes dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model pembelajaranStudent Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak, yaitu: (a) menyampaikan materi, (b) membagi kelompok, mengarahkan siswa bekerjasama, memfasilitasi siswa membaca modul, membahas hasil kerja kelompok, (c) memberikan kuis individu, (d) menghitung skor kemajuan individual siswa, dan (e) memberi penghargaan tim terbaik. (2) aktivitas belajar siswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) BerbantuanModul, persentase aktivitas pratindakan sebesar 49% naik menjadi 79,5% pada siklus I dan terus meningkat pada siklus II dengan persentase 91,32%. (3) hasil belajar siswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul, persentase ketuntasan pra-tindakansebesar 12,9%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 20% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 87,5%

Khairunnisaq, Yusra. 2017. Application of Student Team Achievement Division (STAD) Model Assisted Module on Drawing with Software Subject to Improve learning Outcome of Grade X Student on Drawing  Engineering Program at National Vocational School of Malang. Thesis, Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisor: (I) Drs. Sutrisno, S.T., Pd, (II) Drs. Priyono, M.Pd.

 

Keywords: Student Team Achievement Division (STAD) Model, Learning Outcomes.

Efforts to support the success of educational goals is by improving the learning process. In the learning process teachers are not independent of student learning outcomes, but on conditions in the National Vocational Student learning outcomes are still relatively low. This is due to the lack of variation in learning. Teachers are still using conventional learning methods that do not involve the activity of students in learning and no supporting learning media, while the activity of students and learning media is very influential on learning outcomes. The use of the Student Team Achievement Division (STAD) Assisted Module learning model is an alternative to fixing this problem.

The purpose of this research is to know: (1) the application of Student Team Achievement Division (STAD) Module-assisted model is optimal in the subjects of Drawing Software in National Vocational School Malang, (2) student learning activity of class XI TeknikGambar Building SMK Nasional Malang to the eye Lesson of Drawing Software after application of Model Student Team Achievement Division (STAD) Assisted Module, and (3) student learning result of class XI Building Image Engineering of SMK Nasional Malang on subject of Drawing Software after application of Student Team Model Achievement Division (STAD) Assisted Module . This study uses classroom action research. Techniques of collecting data through tests, observations, field notes and documentation. The data analyzed in this research is the test value is done by using descriptive analysis.

 

The results of the study showed: (1) the application of learning model of Student Team Achievement Division (STAD) Assisted Module on drawing subject with software, that is: (a) delivering material, (b) divide group, direct student cooperate, facilitate student reading module, Discuss the results of group work, (c) provide individual quizzes, (d) calculate individual progress scores, and (e) award the best team. (2) student learning activity increase with application of Student Team Achievement Division (STAD) Module-assisted learning model, the percentage of pre-action activity by 49% rose to 79,5% in cycle I and continue to increase in cycle II with percentage 91,32%. (3) student learning outcomes increased with the application of Student Team Achievement Division (STAD) Module-Assisted model, percentage pre-action completeness of 12.9%, then increased in cycle I with the percentage of mastery by 20% and in cycle II has increased With 87.5% percentage.