SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Study Karakteristik Pengguna dan Efektivitas Penggunaan Jembatan Penyeberangan Orang di Kabupaten Malang

Failut Barzani

Abstrak


ABSTRAK

 

Barzani, F. 2017, Study Karakteristik Pengguna dan Efektivitas Penggunaan Jembatan Penyeberangan Orang di Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing:

(I)Pranoto, S.T., M.T. (II) Drs.Boedi Rahardjo, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: karakteristik, efektivitas, jembatan penyeberangan

 Jembatan penyeberangan orang (JPO) sebagai sarana penyeberangan diperuntukan agar pejalan kaki tidak berkonflik dengan arus lalu lintas kendaraan di ruas jalan sehingga resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pejalan kaki dapat dicegah.Minimnya pejalan kaki yang menyeberang dengan menggunakan jembatan penyeberangan, menyebabkan kemacetan karena volume kendaraan padat, sedangkan pejalan kaki tidak menyeberang pada tempat yang telah disediakan. Tujuan pembangunan JPO adalah untuk mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan penyeberang jalan. Kondisi JPO yang kurang mendukung sebagai sarana penunjang penyeberang jalan hendaknya dievaluasi sehingga pejalan kaki mau untuk menyeberang pada JPO.Terdapat tiga jembatan di Kabupaten Malang yaitu dua jembatan penyeberangan di jalan Raya Singosari dan di jalan Raya Thamrin, Lawang.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karakteristik pengguna jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang.Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data karakteristikpenggunajembatan penyeberangan dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden pengguna jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang. Sedangkan untuk efektivitas pengumpulan data volume pengguna jembatan penyeberangandilakukan melalui pencatatan setiap 15 menitjumlah penyeberang jalan yang menggunakan jembatan penyeberangan dan jumlah penyeberang jalanyang tidak menggunakan jembatan penyeberangan.

Hasil Penelitian menunjukkan Karakteristik pengguna jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang banyak didominasi oleh perempuan, usia > 40 tahun, dengan tingkat pendidikan SMU, pekerjaan sebagai pegawai swasta, asal perjalanan dari rumah, tujuan perjalanan ke pasar, dan maksud perjalanan belanja.Pada frekuensi penggunaan jembatan penyeberangan sering menggunakan. Alasan menggunakan jembatan penyeberangan karena keselamatan, dan alasan jika tidak menggunakan jembatan penyeberangan karena jarak tempuh.

 

Efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang ditinjau dari volume penggunamenunjukkan persentase penyeberang jalan yang menggunakan jembatan penyeberangan sebesar 89% dan tidak menggunakan sebesar 11% jadi sudah termasuk kategori sangat efektif.Tingkat efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang ditinjau dari segi syarat JPO (ketepatan, estetika, keselamatan, fasilitas penunjang, dan kondisi sekitar JPO) yang termasuk dalam kategori efektif dengan nilai persentase 70%.