SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Kurikulum 2013 Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo

Al Islam Ekaswari Rahayuning Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, A.E.R. 2017. Evaluasi Program Penilaian Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T,M.Pd., (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M.Pd.

 

Kata Kunci: evaluasi, program penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013, mata pelajaran produktif.

Dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa pelaksanaan penilaian di SMK Negeri 2 Probolinggo belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Para guru masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian yang disebabkan beberapa faktor antara lain penilaian semakin rinci, dalam penilaian sikap banyak cara yang bisa digunakan sehingga penilaian menjadi rumit, diperlukan ketelitian dalam mengenal siswa satu persatu, dalam menilaian keterampilan guru harus melakukan observasi dan portofolio kegiatan, disatu sisi guru juga harus melakukan penilaian pengetahuan, dengan kata lain banyak faktor yang harus dinilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 mata pelajaran produktif keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo, meliputi: konteks, input, proses, dan produk program penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 mata pelajaran produktif. Data penelitian berupa pernyataan guru dan siswa mengenai program penilaian pada seluruh mata pelajaran produktif.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Populasinya seluruh mata pelajaran produktif keahlian Teknik Gambar Bangunan sebanyak 8 (delapan) mata pelajaran. Responden penelitian ini terdiri dari seluruh guru yang mengajar mata pelajaran produktif berjumlah 8 orang dan siswa keahlian Teknik Gambar Bangunan 10 orang setiap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif.

 

Hasil analisis data sebagai berikut (1) Konteks program penilaian hasil belajar termasuk kategori baik, (2) Input program penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 mata pelajaran produktif keahlian Teknik Gambar Bangunan dilihat dari sumber daya manusia yaitu kesiapan guru, kesiapan strategi, dan kesiapan sarana termasuk dalam kategori baik, (3) Proses program penilaian hasil belajar dilihat dari langkah-langkah pelaksanaan dan macam-macam penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik, dan (4) Produk program penilaian hasil belajar dilihat  ketercapaian dan kualitas penilain hasil belajar dalam kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan program penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo sudah baik, penilaian berhasil dilaksanakan dan tujuan penilaian sudah tercapai dengan baik.