SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Waktu dan Pola Gerak Penggunaan Mesin Ketam Tangan untuk Proses Produksi pada Industri Kerajinan Kayu

yanuar saftofa

Abstrak


ABSTRAK

Saftofa, Yanuar. 2016. Studi Waktu dan Pola Gerak Penggunaan Mesin Ketam Tangan untuk Proses Produksi pada Industri Kerajinan Kayu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang: (I) Drs. Priyono, M.Pd., (II) Drs. Hadi Wasito, Dip. Ed., M.Pd.

 

Kata Kunci: studi waktu, pola gerak, mesin ketam tangan, pengolahan kayu

 

Salah satu jenis mesin produksi pengolahan kayu adalah mesin ketam tangan. Tujuan utama penggunaan mesin produksi adalah untuk meningkatkan produksi dan menghemat biaya produksi agar dapat menghasilkan produk yang bagus dan berkualitas tetapi harganya yang murah. Pemakaian peralatan produksi berbasis mesin modern semakin berkembang. Namun belum ada data akurat mengenai kinerja dari masing-masing mesin untuk proses produksi. Sehingga peralatan mesin produksi hanya berorientasi pada produktivitas, efisiensi waktu dan kualitas hasil, belum mencakup mengenai data dasar pembiayaan operasional proses produksi. Hal ini membingungkan pelaku usaha untuk menetukan harga yang kompetitif agar produknya dapat bersaing dengan produk dari luar. Dengan dimilikinya data kinerja setiap mesin yang digunakan untuk produksi, maka satuan-satuan biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap proses produksi dapat digunakan sebagai dasar perhitungan untuk menentukan harga produksi. Sampai saat ini pekerjaan-pekerjaan yang mempergunakan peralatan mesin masih belum diperhitungkan secara detail sampai pada biaya mesin persatuan produk karena belum adanya standar perhitungan yang dapat diacu. Atas dasar permasalahan ini peneliti bermaksud untuk melakukan pengamatan mengenai studi  waktu dan pola gerak mesin kerja tangan khususnya untuk mesin ketam tangan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggali data tentang standar kinerja per-satuan waktu dari mesin Ketam tangan yang digunakan untuk proses produksi kerajinan kayu pada industri, (2) menggali data pola baku kerja dari mesin Ketam yang digunakan untuk proses produksi kerajinan kayu pada industri..

Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat yang digunakan adalah (a) Mesin ketam (Makita N1900B) pada workshop kayu Universitas Negeri Malang, (b) Digital stopwatch, (c) Kamera, (d) Perekam Video, (e) Sketmat, (f) Meteran. Bahan yang digunakan adalah (a) papan kayu pinus 2x7x50, (b) kayu meranti 5x7x50.

Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap mesin ketam , untuk mengetam lurus dengan bahan kayu pinus dengan luas 1m2 dibutukan waktu 347,71 detik atau 5 menit 47 detik. Sedangkan untuk mengetam lurus dengan bahan kayu meranti dengan luas 1m2 dibutukan waktu 480,57 detik atau 8 menit 0,57 detik. Setelah dilakukan pengetaman terjadi pengurangan lapisan. Pada kayu pinus lapisanya berkurang setebal 0,45 cm, sedangkan pada kayu meranti lapisanya berkurang 0,4 cm. Sehingga dapat diambil kesimpulan lama dan cepatnya waktu pengetaman kayu ditentukan oleh jenis kayu yang digunakan. Jenis kayu sangat mempengaruhi karena serat pada masing-masing kayu berbeda. Kayu meranti mempunyai serat yang lebih padat daripada kayu pinus, sehingga waktu pengetaman kayu meranti lebih lama dibandingkan kayu pinus.