SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Menggunakan Strategi Kreatif-Produktif Di SMKN 2 Probolinggo

Wiwit Puji Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustin, Wiwit Puji. Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Menggunakan Strategi Kreatif-Produktif  Di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M. Pd, (II) Drs. H. Suparno, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:Prestasi Belajar, Gambar Teknik, Strategi Kreatif-Produktif .

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) meningkatkan kualitas prosesbelajar mengajarmata pelajaran gambar teknik, (2) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 2 Probolinggo berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi untuk mengamati kegiatan siswa dan juga kegiatan guru selama penelitian berlangsung. Tes dilakukan untuk mengetahui prestasi belajar siswa berupa gambar.

Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Menggunakan Strategi Kreatif-Produktif  Di SMKN 2 Probolinggo dapat meningkatkan kualitas prosesbelajar mengajarmata pelajaran gambar teknik, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik meningkat dengan peningkatan nilai sebesar 15,23. Pada pelaksanaan siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa67,81. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 83,04.

Berdasarkanhasilpenelitianini, disarankan: (1) Siswa harus lebih berani bertanya dan aktif dalam proses belajar mengajar. Siswa juga harus mencari wawasan yang luas agar mendapatkan ide-ide yang baru dan kreatif, (2) Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran gambar teknik sebagai alternatif pembelajaran karena dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, prestasi belajar siswa dan juga dapat melatih siswa agar lebih mandiri, (3) Bagi penelitian selanjutnya yang akan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif khususnya pada mata pelajaran gambar teknik, dapat diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran dan prestasi belajar.