SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Kota Blitar

Mohamad Fauzal Mutaqin

Abstrak


ABSTRAK

 

Mutaqin, Fauzal, Mohamad. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T, (II) Drs. Priyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Hasil Belajar

Perpustakaan sekolah merupakan satuan unit kerja yang mengelola, menyimpan, mengoleksi dan meminjamkan bahan pustaka serta menunjang proses belajar siswa di sekolah. Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila siswa mampu dengan baik membaca atau meminjam buku pelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Buku pelajaran yang tersedia diperpustakaan memberikan konstribusi terhadap hasil belajar siswa karena perpustakaan sekolah sebagai salah satu tempat untuk memperoleh sumber informasi dilingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kinerja perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini memaparkan tentang penelitian deskriptif dan korelatif. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK Islam 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar? (3) Apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar?. Hasil validasi berupa angket diperoleh 16 pernyataan yang valid dari 22 pernyataan yang disebar dan reliabelitas dari variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 0,733 yang berarti reliabel. Data yang diambil dari variabel pemanfaatan perpustakaan dan variabel hasil belajar siswa. Kegiatan analisis dimulai dari tabulasi (skor) utuk mendeskripsikan kedua variabel dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for Windows Versi 21.0.

Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dilihat dari aspek layanan dan fasilitas tergolong baik (80,09%). (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan tergolong baik (84,99%). (3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh sebesar 1,1% terhadap hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa variabel bebas pemanfaatan perpustakaan sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat hasil belajar siswa kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar.