SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E - Module Konstruksi Bangunan Berbantuan Flipbook Maker Sebagai Buku Pengayaan u ntuk Siswa SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan

Lucky Prabawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabawati, Lucky. 2017. Pengembangan E-Module Konstruksi Bangunan Berbantuan Flipbook Maker Sebagai Buku Pengayaan untuk Siswa Smk Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Drs. Made Wena,M.Pd., M.T, (II) Drs. Priyono, M.Pd,

 

Kata Kunci: Pengembangan, E-module, Buku Pengayaan, Flipbook Maker, Konstruksi Bangunan

Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak yang memuat materi konstruksi bangunan rumah tinggal 2 lantai untuk siswa SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Islam 1 Blitar yang dikarenakan ketidaksesuaian harapan dan kenyataan yang diinginkan sekolah yaitu siswa mampu menggambar dan memahami apa yang mereka gambar tetapi kenyataannya siswa belum mampu memahami apa yang mereka gambar.

Penelitian ini merupakan pengembangan dari buku elektronik yang sudah digunakan, pengembangan yang dilakukan peneliti yaitu membuat e-moduleberbantuan Flipbook Maker.Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang telah dimodifikasi dengan tahapan; analisis (analize); desain (design); pengembangan (development).Tingkat kelayakan produk e-module sebelum diujicobakan divalidasi melalui ahli media dan ahli materi, produk direvisi hingga mendapatkan nilai yang sangat layak untuk diujicobakan.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Islam 1 Blitar sebanyak 15 siswa sebagai responden untuk validasi angket dan kelas XI TGB sebanyak 36 siswa sebagai responden pengguna e-module. Hasil dari penelitian ini ditinjau berdasarkan 4 aspek, yaitu; aspek materi, aspek kabahsaan, aspek penyajian materi, dan aspek kegrafikan. Tingkatan skor dihitung dan disimpulkan menggunakan skala likert . Dari ke-empat aspek tersebut tingkat validasi yang didapat dari ahli media mendapat skor 86,904 % (sangat valid) sedangkan dari ahli materi mendapat skor 91,66 % (sangat valid), dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat valid serta dapat diujicobakan. Hasil uji validitas dan reliablitas angket siswa didapat r hitung > r tabel (valid) dari 24 pertanyaan dan alpha > 0,7 (reliabel). Sedangkan ujicoba respon siswa terhadap produk mendapatkan skor 85,91% (sangat valid).

 

Secara keseluruhan dari hasil validasi ahli hingga respon siswa terhadap pengembangan produk diambil kesimpulan bahwa pengembangan e-module konstruksi bangunan berbantuan flipbook maker sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menggambar dengan perangkat lunak ataupun mata pelajaran konstruksi bangunan.