SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PRESTASI MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA CALON LULUSAN SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SINGOSARI

Dwi Indah Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwi Indah Wahyuni. 2017. Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran  Konstruksi Bangunan dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Calon  Lulusan Siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd., (II) Dr. R. M. Sugandi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Prestasi Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan , Pengalama  Praktik Kerja Industri, Kesiapan Kerja

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja guna memenuhi dan mengembangkan keterampilan kerja agar mampu menjadi tenaga kerja yang siap dan produktif. Tenaga kerja yang produktif dapat dihasilkan melalui PSG (Pendidkikan Sistem Ganda) yang dilakukan di sekolah dan di dunia kerja. Di sekolah berbentuk prestasi mata pelajaran produktif, dan di dunia kerja berbentuk praktik kerja industri, yang keduanya sangat mempengaruhi kesiapan kerja calon lulusannya. SMK Negeri 1 Singosari merupakan salah satu SMK unggulan ditingkat nasional. Pada kenyataannya berdasarkan rekapitulasi pada tahun ajaran 2014/2015 dan wawancara yang dilakukan kepada kaprodi Teknik Gambar Bangunan, masih terdapat siswa yang menganggur, dan bekerja bukan pada kompetensi keahlian yang dimilikinya. Untuk itu perlu dilakukan penelitian berkaitan dengan prestasi mata pelajaran produktif dan pengalaman praktik kerja industri dalam bidang perencannaan, pengawasan, dan pelaksanaan terhadap kesiapan kerja, dengan tujuan agar dijadikan salah satu dasar pijakan sekolah, guru, serta pembimbing prakerin untuk pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kesiapan kerja calon lulusannya.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini ada dua cara, yang pertama berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 66 responden dan yang kedua berupa dokumentasi. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti pengalaman praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa. Dokumkentasi digunakan untuk memperoleh data nilai raport siswa mata pelajaran konstruksi bangunan. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi (scoring) data, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 21.

 

Hasil analisis data diperoleh: (1) prestasi mata pelajaran konstruksi bangunan diperoleh rata-rata 82,85% termasuk kedalam kriteria baik. (2) pengalaman praktik kerja industri skor tertinggi pada pengalaman bidang perencanaan (71%) dalam criteria baik. Sedangkan (3) kesiapan kerja diperoleh skor rata-rata 75% termasuk criteria baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan ujideterminasi simultan dan uji hipotesis didapatkan bahwa prestasi mata pelajaran produktif gambar teknik dan pengalaman praktik kerja industry berpengaruh simultan terhadap kesiapan kerja dengan sumbangan pengaruhnya adalah 15%.