SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Risiko Dalam Masa Pemeliharaan Proyek Lanskap di Kota Malang

nikolaus adi kurnia putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra,  Nikolaus Adi Kurnia. 2016. Analisis Risiko Dalam Masa Pemeliharaan Proyek Lanskap di Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T. (2) Drs. H. Suparno, S.T., M.T.

 

Kata kunci: Risiko, Masa Pemeliharaan, Proyek lanskap

 

Pekerjaan lanskap merupakan bagian dari pekerjaan konstruksi. Lingkup pekerjaan lanskap meliputi pembuatan taman, tanaman dan pohon pelindung jalan. Permasalahan yang timbul dalam masa pemeliharaan pekerjaan lanskap adalah kondisi ketidakpastian tumbuh dan matinya tanaman sebagai risiko jaminan terhadap pemeliharaan pekerjaan. Kejadian ketidakpastian yang muncul dalam suatu proyek yang nantinya dapat mempengaruh hasil dari suatu proyek dapat diidentifikasi sebagai risiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko sekaligus cara penanganan risiko dalam masa pemeliharaaan proyek lanskap di Kota Malang dan melakukan analisis terhadap cara penanganan risiko yang telah dilakukan.

Proses pelaksanaan penelitian ini meliputi identifikasi risiko, menentukan tingkatan risiko, menentukan cara penanganan risiko, dan mengevaluasi cara penanganan risiko. Teknik analisis data untuk mengukur tingkat risiko menggunakan pendekatan dari nilai probabilitas dan dampak risiko, sedangkan untuk analisis data untuk mengukur evaluasi cara penanganan yang dilakukan kontraktor menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif.

Kesimpulan dari penelitian adalah: (1) Terdapat dua risiko utama yang teridentifikasi dalam masa pemeliharaan proyek lanskap, risiko tersebut adalah risiko pada kredibilitas perusahaan dengan indikator risiko sumber daya manusia perusahaan yang paling memengaruhi dan risiko pada biaya proyek dengan indikator risiko tanaman mati yang paling memengaruhi, (2) cara penanganan risiko yang dipilih oleh kontraktor di Kota Malang untuk menanggapi risiko adalah mengurangi risiko, pengurangan risiko dilakukan dengan berkomitmen terhadap segala kewajiban yang dibebankan dan membuat langkah-langkah pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kerugian pada proyek tersebut, (3) analisis mengenai cara penanganan kontraktor terhadap risiko dalam masa pemeliharaan proyek lanskap di Kota Malang termasuk dalam kategori penanganan risiko yang baik.