SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Wawasan Pekerjaan Konstruksi dan Minat Bekerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari

Frengky Mahendra

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik bekerja dalam bidang tertentu. Membekali peserta didik dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan profesi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berpedoman pada tujuan pendidikan kejuruan, hal ini dipengaruhi beberapa komponen meliputi wawasan terhadap pekerjaan konstruksi dan minat memasuki dunia kerja. Dari kenyataan yang ada siswa SMK Negeri 1 Singosari terutama paket keahlian teknik gambar bangunan belum sepenuhnya memahami terhadap pekerjaan konstruksi cara pelaksanaan, tahap perencanaan yang kurang. Dari wawancara kecil kepada siswa untuk mengetahui seberapa minat mereka untuk memasuki dunia kerja itu sangat kecil. Untuk itu perlu dilakukan penelitian berkaitan tentang wawasan dan minat siswa untuk memasuki dunia kerja, dengan tujuan agar siswa mampu memiliki wawasan yang baik terhadap pekerjaan konstruksi dari segi bidang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Serta untuk meningkatkan minat siswa untuk memasuki dunia kerja yang sesuai dengan paket keahlian yang di miliki.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesionerdandibagikanke 66 responden. Data angket/kuesioner dalam penelitian ini untuk variabel wawasan pekerjaan konstruksi,variabel minat bekerja dan variabel kesiapankerja. Kegiatan analisis data dimulai dari tabulasi (skoring) data, dan analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif mengunakan Software SPSS For Windows Versi 21.

Hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Wawasan pekerjaan konstruksi menunjukan nilai presentase sebesar 81% termasuk criteria baik dan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 45,6%. (2) Minat bekerja menunjukan nilai presentase sebesar 83% termasuk criteria sangat baik dan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 45,4%. (3) Wawasan pekerjaan konstruksi dan minat bekerja berpengaruh sebesar 60,4% terhadap kesiapan kerja siswa. Variabel wawasan pekerjaan konstruksi memiliki presentase sebesar 36,1 % dengan asumsi variabel lain tetap, sedangkan variabel minat bekerja memiliki presenta sesebesar 24,3% dengan asumsi variabel lain tetap. Disimpulkan bahwa variabel bebas wawasan pekerjaan konstruksi dan variabel bebas minat bekerja mampu berpengaruh secara signifikan terhadap variable terikat yaitu kesiapan untuk memasuki dunia kerja siswa kelas XII paket keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Singosari.