SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Pelayanan Kereta Api Tawang Alun Jurusan Malang-Banyuwangi.

Eka Septiani

Abstrak


Pelayanan kereta api dari masa ke masa mengalami perkembangan karena tuntutan dari para pengguna jasa seiring dengan melonjaknya tarif. Dengan kenaikan tarif akan menimbulkan pro dan kontra di kalangan para pengguna jasa kereta api. Untuk itu perlu adanya evaluasi antara tariff dengan tingkat pelayanan kereta api. Objek penelitian yaitu Jurusan Malang-Banyuwangi karena salah satu rute kereta api menengah yang mengalami kenaikan tarif lebih dari 100%.

            Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui kinerja pelayanan pengguna kereta api Tawang Alun jurusan Malang-Banyuwangi (2) untuk mengetahui kesesuaian tarif berdasarkan Ability To Pay (ATP) danWillingness To Pay(WTP) pengguna kereta api Tawang Alun. Metode menggunakan metode survei wawancara. Populasi sebanyak 500 penumpang, dengan jumlah sampel sebanyak 205 responden.Analisa data untuk mengetahui tingkat kepuasan, kepentingan dan kesesuaian tarif digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode IPA (Importance Performance Analysis),metode ATP danWTP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja pelayanan berdasarkan metode IPA, kuadran IPA yang menjadi prioritas utama perbaikan adalah tersedianya satu alat pemadam api ringan (APAR) pergerbong, kenyamanan tempat duduk, kenyamanan toilet, lampu penenrangan untuk membaca, kenyamanan fasilitas restorasi, adanya informasi gangguan perjalanan.(2) hasil analisis Ability To Pay (ATP) diperoleh rata-rata ATP sebesar Rp. 59.166,-. Nilai ATP yang diperoleh berada dibawah tarif yang berlaku saat ini sebesar Rp. 62.000,-. Dari  analisis Willingness To Pay (WTP) diperoleh rata-rata WTP sebesar Rp. 57.085,-;sedangkan tarif yang berlaku saat ini sebesar Rp. 62.000,-. nilai WTP yang diperoleh berada dibawah tarif dan ATP; dalam kondisi ini maka masih dimungkinkan melakukan peningkatan nilai tarif dengan perbaikan tingkat pelayanan kereta api Tawang Alun.