SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA MALANG

Ade Irma Yuliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliana, Ade Irma. 2017. Analisis Pengendalian Mutu pada Pelaksanaan ProyekKonstruksi di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T,(II) Drs. H. Suparno. M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: pengendalian mutu, proyek konstruksi, biaya proyek, waktu penyelesaianproyek

Pengendalian mutu merupakan tindakan yang diperlukan untuk menjagakesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan. Mengingat pengendalian mutumerupakan salah satu hal yang penting, maka para penyedia jasa pelaksana konstruksi(kontraktor) harus memberi jaminan pada konsumen bahwa produk jasa yangdihasilkan bermutu. Dengan adanya pengendalian mutu, diharapkan akan menghasilkan pekerjaan yang mampu memuaskan konsumen secara optimal.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kualitas pelaksanaan pengendalianmutu pada proyek konstruksi di Kota Malang, (2) bagaimana pengaruh pengendalianmutu terhadap biaya dan waktu penyelesaian proyek, dan (3) ada tidaknya perbedaanpengendalian mutu antara kontraktor kelas besar dan kelas menengah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif.Pengambilan data menggunakan instrumen berupa kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan kontraktor di Kota Malang sebanyak 15 kontraktor kelasbesar dan 133 kontraktor kelas menengah. Sehingga ditentukan jumlah sampel 10kontraktor kelas besar dan 40 kontraktor menengah. Penentuan sampel kontraktordigunakan teknik stratified random sampling. Sedangkan respondennya sebanyak 3orang untuk kontraktor besar dan 2 orang untuk kontraktor menengah. Dengandemikian jumlah responden dalam penelitian ini ada 110 orang. Teknik analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif, regresi sederhana, dan uji t-tes.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan penelitian sebagaiberikut. Pertama, kualitas pelaksanaan pengendalian mutu di Kota Malang tergolongdalam klasifikasi “Sangat Baik”.Kedua, pengendalian mutu berpengaruh terhadapbiaya proyek dan waktu penyelesaian akhir proyek. Ketiga, terdapat perbedaan secarasignifikan kualitas pelaksanaan pengendalian mutu kontraktor kelas besar dankontraktor kelas menengah.