SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Tukang Bekisting Pada Proyek Pembangunan Konstruksi Di Kota Malang

Lidya Devika Asri

Abstrak


ABSTRAK

 

Kinerja dalam proyek adalah kemampuan memproduksi tenaga kerja dalam menyelesaikan suatu kuantitas dalam pekerjaan yang telah diterapkan sebelumnya. Faktor yang dapat mempengaruhi kinerja adalah efektifitas dan efisiensi. Pekerjaan pemasangan bekisting merupakan salah satu peranan yang cukup penting dalam aspek kualitas pelaksanaan karena pekerjaan bekisting memiliki prosentase sebesar 30% dibandingkan dengan bahan yang lain.

Pembangunan supermarket dan gedung pertemuan menjadi salah satu usaha yang dibutuhkan untuk menunjang sarana masyarakat luar dan pertemuan antar pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas kelompok kerja dan untuk mengetahui waktu kerja efektifitas untuk pekerjaan pemasangan bekisting kolom pada proyek pembangunan Gedung Serbaguna Widyabakti dan Giant Supermaket di Kota Malang. Metode yang digunakan pada penulisan ini yaitu metode berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata produktivitas yang dilakukan oleh kelompok kerja pemasangan bekisting kolom untuk proyek pembangunan Gedung Serbaguna Widyabakti sebesar 15,57 per m2/hari, sedangkan untuk proyek pembangunan Giant Supermarket sebesar 20,00 per m2/hari.

Rata-rata nilai koefisien produktivitas pada kedua proyek tersebut adalah 0,0060 OH untuk tenaga kerja mandor, 0,0060 OH untuk tenaga kerja kepala tukang, 0,0603 OH untuk tenaga kerja tukang, dan 0,1207 OH untuk pekerja. 

Rata-rata Indeks Satuan Tenaga Kerja (OH) pada Proyek Pembangunan Gedung Serbaguna Widyabakti dan Giant Supermarket berdasarkan pengamatan di lapangan dengan SNI (7394:2008) untuk  pemasangan 1 m2 bekisting kolom memiliki perbedaan sebesar 0,0025 OH untuk tenaga kerja mandor, 0,0025 OH untuk kepala tukang, 0,0025 OH untuk tukang, dan 0,0,0500 OH  untuk pekerja.