SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia 3d untuk Mata Kuliah Menggambar Teknik Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang

Azinuddin Al Hazmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Al Hazmi, Azinuddin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia 3d untuk Mata Kuliah Menggambar Teknik Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M. Pd, (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia 3d, Pembelajaran

Pada mata kuliah Menggambar Teknik Bangunan 2, mahasiswa dituntut untuk dapat memvisualisasikan bentuk bangunandalam gambar kerja. Dalam proses visualisasi gambar mahasiswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam membayangkan bentuk visual real dari komponen bangunan yang tidak kasat mata. Hal ini dikarenakan mahasiswa belum mengetahui tentang bentuk komponen dari bangunan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis multimedia 3d yang dapat menunjukkan bentuk komponen dari bangunan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia 3d yang baik, menarik, mudah dioperasikan, sesuai, dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Menggambar Teknik Bangunan 2. Multimedia 3d terdiri dari animasi 3d dalam format MPEG-4 dan file 3d dalam format DWG. Materi multimedia 3d adalah materi penulangan pondasi beton, kolom beton, balok beton, pelat lantai beton, dan pelat tangga beton.

Model penelitian multimedia 3d adalah Research and Development Sugiyono (2016:298). Langkah-langkah penelitian: (1) menggali potensial masalah, (2) mengumpulan data, (3) mendesain produk, (4) memvalidasi desain, (5) merevisi desain, (6) melakukan uji coba produk, (7) merevisi produk, (8) melakukan uji coba pemakaian, (9) merevisi produk, (10) memproduksi masal. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan cara pengumpulan menggunakan lembar validasi dan lembar penilaian. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif

Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 1 validator ahli media. Materi multimedia 3d termasuk kategori layak (70,5%), dan tampilan media termasuk kategori sangat layak (88,6%). Multimedia 3d telah di uji cobakan dan termasuk kategori sangat layak (86%) untuk uji coba kelompok kecil dan kategori layak (77%) untuk uji coba kelompok besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia 3d ini baik, menarik, mudah dioperasikan, sesuai, dan layak digunakan pada Matakuliah Menggambar Teknik Bangunan 2.