SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Jenis dan Tingkat Penguasaan Materi Pekerjaan Praktik Industri Bidang Bangunan Gedung Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang

Yuli Fitriati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriati, Yuli. 2017. Studi Tentang Jenis dan Tingkat Penguasaan Materi PekerjaanPraktik Industri Bidang Bangunan Gedung Mahasiswa Program StudiPendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Mujiyono, M.Pd. (2) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd.

 

Kata kunci : Jenis Pekerjaan, Penguasaan Materi, Praktik Industri

Praktik Industri merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Secara ideal mahasiswa setelah melaksanakan praktik industri akan mendapatkan pengetahuan, wawasan pekerjaan, dan tingkat penguasaan materi sesuai yang ditentukan dalam kurikulum Pendidikan Teknik Bangunan. Kenyataan yang terjadi mahasiswa hanya mengikuti sebagian dari proses pembangunan. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan tingkat penguasaan materi pekerjaan praktik industri pada setiap mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui proporsi jenis pekerjaan praktik industri bidang bangunan gedung mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, (2) Untuk mengetahui tingkat penguasaan praktik industri bidang bangunan gedung mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang yang lulus mata kuliah praktik industri semester pada semester genap 2015/2016 sampai semester gasal 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampel dengan taraf kesalahan sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 41 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket ceklist dan wawancara/tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil analisis data menunjukkan: (1) Jenis Pekerjaan Praktik Industri bidang bangunan gedung mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang mayoritas pada pekerjaan pelaksanaan (89,51%), sedang sisanya pada pekerjaan pengawasan 10,49%. Pada pekerjaan pelaksanaan urutan pekerjaan yang sering dijumpai adalah pekerjaan pengecoran (22,14%), pekerjaan bekisting (20,57%), dan pekerjaan RABP (17,71%). Sedangkan pada pekerjaan pengawasan yang sering dijumpai adalah pekerjaan pengawasan waktu (57,78%), pekerjaan pengawasan mutu (35,56%) dan pengawasan biaya (6,66%). (2) Tingkat Penguasaan materi pekerjaan Praktik Industri bidang bangunan gedung mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang pada ranah kognitif rata-rata sampai pada tingkat menerapkan (C3) (60,98%), pada tingkat menganalisis (C4) (29,27%), dan pada tingkat mengevaluasi (C5) (9,76%). Tingkat psikomotor mahasiswa pada Praktik Industri rata-rata sampai pada tahap meniru (P3) (9,76%), pada tahap mekanisme/bisa tanpa contoh (P4) (78%) dan pada tahap terampil (P5) yaitu 12,2%.