SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Penghuni Terhadap Mutu Perumahan Di Wilayah Kota Malang Bagian Timur

Muhammad Yahya

Abstrak


ABSTRAK

 

Yahya, Muhammad. 2016. Persepsi Penghuni Terhadap Mutu Perumahan Di Wilayah Kota Malang Bagian Timur.Skripsi, JurusanTeknikSipil, FakutasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena,M.Pd, M.T., (II) Drs. Ir. H. Sudomo, MMT.

 

Kata Kunci: persepsi mutu, produk perumahan, dimensi mutu

 

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya dan merupakan salah satu kota besardengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, selain itu Kota Malang juga disebut sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan bisnis perumahan yang terus meningkat di Indonesia. Dilain hal, belakangan ini banyak terjadi klaim dari konsumen pada pengembang perumahan yang mempermasahkan mutu produk perumahan yang tidak sesuai dengan perjanjian jual beli. Kasus sengketa komoditas properti di Indonesia telah menduduki peringkat ketiga tertinggi dari 10 komoditas yang dilaporkan pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai persepsi mutu produk perumahan dalam pengukuran dimensi mutu.

Penelitian ini merumuskantentang persepsi penghuni terhadap produk perumahan berdasarkan aspek performance, features, reability, conformance to specification, durability, serviceability, dan aesthetic.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner. Tahap analisis data dimulai dari tabulasi data dan analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan, pada aspek performance termasuk kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 3,48; aspek features termasuk kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 3,44; aspek reability termasuk kriteria “ cukup baik” dengan nilai rata-rata 2,88; aspek conformance to specification termasuk kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 3,59 sebesar; aspek durability termasuk kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 3,07; aspek serviceability termasuk kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 3,45; dan aspek aesthetic termasuk kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 3,72.