SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Manajemen Pemeliharaan Jalan di Kabupaten Malang

Edwin Dofiri

Abstrak


Dofiri, Edwin. 2017. Analisis Manajemen Pemeliharaan Jalan di Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T

Kata kunci: Pemeliharaan Jalan, Kabupaten Malang

Jalan sangat sangat dibutuhkan oleh suatu masyarakat baik diperkotaan maupun di pedesaan. Jalan sebagai prasarana distribusi barang dan jasa merupakan urat nadi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara sehingga akan mendorong pengembangan semua sarana wilayah, pengembangan dalam usaha mencapai tingkat perkembangan antar daerah yang semakin merata. Namun peneliti menyadari pemeliharaan jalan belum pernah dikaji. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka diperlukan penelitan mengenai pemeliharaan jalan.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup perencanaan, implementasi dan pengendalian jalan di Kabupaten Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas perencanaan, aktifitas implementasi dan aktifitas pengendalian pada pemeliharaan jalan di Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Populasi berjumlah 128 kontraktor dan Sampel 26 kontraktor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif.

 

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga (3) kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut, (1) Perencanaan pemeliharaan jalan meliputi kegiatan, (a) Sistem informasi, informasi data kondisi jalan rusak diperoleh dari  laporan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) atau masyarakat langsung, (b) Sistem Manajemen Aset, jalan kabupaten dengan total panjang 1.668 KM, 75% sudah tertangani, (c) Rencana pembiayaan pemeliharaan jalan, di bebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/ Kota (APBD Kab/ Kota) Tahun 2016, (2) Implementasi pemeliharaan jalan meliputi kegiatan, (a) Pemeliharaan rutin, secara keseluruhan frekuensi deskripsi pemeliharaan rutin jalan di Kabupaten Malang termasuk cukup baik, (b) Pemeliharaan berkala, secara keseluruhan frekuensi deskripsi pemeliharaan berkala jalan di Kabupaten Malang termasuk cukup baik, (c) Rehabilitasi, secara keseluruhan frekuensi deskripsi rehabilitas jalan di Kabupaten Malang termasuk cukup baik, (d) Rekonstruksi, secara keseluruhan frekuensi deskripsi rekonstruksi jalan di Kabupaten Malang termasuk baik, dengan demikian secara keseluruhan implementasi pemeliharaan jalan di Kabupaten Malang termasuk cukup baik, dan (3) Pengendalian pada pemeliharaan jalan meliputi kegiatan, (a) Membentuk permukaan, mengisi kembali material kerikil/ tanah yang hilang, dengan tim Sapu Lobang (Salob), (b) Membersihkan tumbuh-tumbuhan, semak, pepohonan, dengan tim Reguler yang difokuskan untuk  pembersihan tumbuh-tumbuhan, semak dan pohon-pohonan yang terdapat di sisi jalan, dengan tim Regular, (c) Melancarkan drainase permukaan jalan, dengan tim Reguler yang difokuskan untuk membersihkan drainase, agar pembuangan air dipermukaan jalan bisa lancar (tidak menggenangi jalan), dengan tim Regular. Maanfaat penelitian ini untuk institusi dan untuk penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini bisa menjadi pijakan dalam kebijakan pembangunan merancang dan pembangunan jalan di masa depan.