SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Software NetSupport School dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang

Ainul Ilmi

Abstrak


ABSTRAK

Ilmi, Ainul. 2017. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Software NetSupport School dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, NetSupport School, Gambar Teknik Bangunan.

NetSupport School adalah sebuah media pembelajaran berupa aplikasi komputer sebagai pengganti LCD yang dipakai di SMK Negeri 6 Malang selama dua tahun. Selama kurun waktu tersebut belum pernah diadakan kajian tentang kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya, sedangkan setiap media pembelajaran secara umum mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Dalam studi pendahaluan hanya diketahui kelebihannya saja, untuk mengetahui aspek selain hal positif atau kelebihan dari penggunaan software NetSupport School sebagai media pembelajaran, perlu diadakan penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aspek positif dari software NetSupport Schoolsebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan, (2) mendeskripsikan aspek negatif dari software NetSupport Schoolsebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan, serta (3) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pemahaman (C2) melalui pemanfaatan software NetSupport School sebagai media pembelajaran.

Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasiformatif.Sampel berjumlah 167 siswa dan 5 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan analisisstatistik deskriptif prosentase dengan bantuan program Microsoft Excel.

 

Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Software NetSupport School memiliki aspek positif yaitu keberfungsian fasilitas (manage student aplikasi, whiteboard monitor, student register, show screen, file transfer, send/collect/collect send, lock, CO-browse dan blank all, monitoring, perawatankomputersertafasilitas communicate), kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, karakteristik, dan gaya belajar siswa, dalam sisi waktu pengoperasian, biaya perawatan media, dalam sisi mutu teknis dan kegunaan media, serta dalam sisi ketersedian media untuk didapatkan, (2) Software NetSupport School memiliki aspek negatif yaitu keberfungsian fasilitas whiteboard monitor khususnya penggunaan oleh guru, fasilitas show screen khususnya dalam hal gerak video pembelajaran, keberfungsian fasilitas communicate, lesson plan, dan dalam sisi biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh media, dan (3) Hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pemahaman (C2) mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan meningkat setelah dimanfaatkannya software NetSupport School sebagai media pembelajaran.