SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PARENGAN TUBAN DAN FAKTOR ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE SMK

Deni tunggal christiawan

Abstrak


ABSTRAK

Tunggal, Deni. 2016. Pengaruh Persepsi dan Faktor Orang Tua dari siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Parengan Tuban Terhadap Minat Siswa SMP untuk Melanjutkan Studi ke Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Priyono, M.Pd, (2) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Orang Tua, Minat studi ke SMK

Terdapat 2 pilihan bagi lulusan sekolah menengah pertama dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu antara Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK).

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan minat siswa SMP dalam melanjutkan studi ke SMK yang di prediksi di pengaruhi oleh faktor persepsi siswa sendiri dan juga faktor orang tua siswa.

Faktor minat melanjutkan studi ke SMK diposisikan sebagai variabel terikat sedangkan faktor persepsi siswa dan faktor orang tua sebagai variabel bebas. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional yang dilakukan di SMP Negeri 2 Parengan Tuban dengan mengambil semua siswa kelas IX sebagai populasi. Adapun sebagai sampel diperoleh 139 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor persepsi siswa secara parsial berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke SMK. (2) faktor orang tua secara parsial berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke SMK. (3) faktor persepsi siswa dan faktor orang tua secara simultan berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke SMK.