SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penerapan Penilaian Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mojokerto Tahun Ajaran 2016/2017

Bayu Ariani

Abstrak


ABSTRAK

Ariani, Bayu. 2017. Analisis Penerapan Penilaian Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mojokerto.  Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Pd., (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T

Kata Kunci:Penilaian Portofolio, Sekolah Menengah Kejuruan, Teknik Gambar Bangunan, Mata Pelajaran Produktif

Penelitianini merupakankajian terhadap pelaksanaan penilaian portofolio di SMK Negeri 1 Mojokerto pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan.Fokus kajian meliputi pelaksanaan dan input program penerapan penilaian portofolio. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2017 sampai 26 Maret 2017 dengan memposisikan peneliti sebagai instrumen dengan memanfaatkan dokumen penilaian. Penelitianmenggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan, wawancara mendalam, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk memperkuat penelitian, pemeriksaan keabsahan data dilakukan melaluiperpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan pertama, prosedur pelaksanaan penilaian portofolio meliputi: a) aspek dan bentuk penilaian, b)tugas siswa, c) remidial d) dokumentasi pekerjan siswa, e) pengolahan nilai. Adapun analisis kualifikasi pelaksanaan penilaian portofolio tergolong pada kriteria baik. Kedua, input program penerapan penilaian portofolio, yaitu: a) Sumberdaya meliputi sarana dan prasarana, kesiapan guru produktif, dan kesiapan siswa. b)Perangkat-perangkat lunak meliputi sistem pengolahan  penilaian, peraturan perbaikan nilai, dan ketetapan standar penilaian.

Temuan peneliti menyatakan penilaian portofolio dapat menunjang perkembangan hasil belajar siswa, dengan penilaian portofolio siswa berkesempatan untuk lebih banyak terlibat dan siswa dapat mengontrol tingkat perkembangan kemampuan yang dimiliki.Ditemukan juga dari 11 mata pelajaran terdapat dua mata pelajaran produktif yang tidak melaksanakan penilaian portofolio yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengetahui perkembangan pembelajaran secara sistematis dan ajeg.

 

Berdasarkan simpulan diatas bahwa penilaian portofolio sangat layak direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya mengingat hingga dewasa ini penilaian portofolio masih jarang dilaksanakan pada pendidikan kejuruan di Indonesia. Karena Keefektifan penerapan penilaian portofolio akan meningkatkan mutu pendidikan kejuruan.