SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Material Terhadap Penjadwalan Proyek Konstruksi (Studi Kasus : PT Indo Jaya Perekasa dan PT Tectonia Grandis

alfen dwi sendiko

Abstrak


ABSTRAK

Dwi Sendiko,Alfen. 2016. Hubungan Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Material terhadap Penjadwalan Proyek Konstruksi (StudiKasus: PT Tectonia Grandisdan PT Indo Jaya Perkasa). Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Isnandar, M.T, (II) Drs. H. Sugiyanto, S.T., M.T.

Kata Kunci: Perencanaan Sumber Daya Manusia, Perencanaan Material, Penjadwalan Proyek Konstruksi

Terdapat beberapa permasalahan tentang pelaksanaan proyek yang ada di daerah tertentu sehingga perlu evaluasi ulang hubungan antara perencanaan sumber daya manusia dan material, salah satu contohnya yaitu proyek jalan di daerah Tanjung Sekar didapat hasil yang tidak sesuai. Maka dari itu sangat diperlukan perencanaan Sumber Daya Manusia untuk mendapatkan mutu dan hasil yang sesuai.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara perencanaan SDM dan material, antara perencanaan SDM dengan penjadwalan proyek, antara  sumber daya bahan/material dengan waktu/penjadwalan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dan merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, karena anggota populasi kurang dari 30. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner yang berpijak pada variabel-variabel penelitian yang telah ditetapkan. Agar mendapatkan hasil yang sesuai, langkah yang digunakan dengan menguji validitas, reliabilitas dan normalitas kemudian pengumpulan data dan mulai menganalisis data dengan melakukan uji korelasi yang telah diperoleh.

 

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, terdapat beberapa simpulan sebagai berikut. Pertama, hubungan antara perencanaan sumber daya manusia dan material terhadap penjadwalan proyek menunjukkan ada hubungan yang sangat kuatyang dapat ditunjukkan dengan nilai 85,6%dengan signifikansi 0,00 yang dapat meunjukkan bahwa nilai p(sig)