SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Softskills dengan Capaian Hasil Belajar Praktik Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang

Silaturrohmah .

Abstrak


ABSTRAK

Silaturrohmah. 2017. Hubungan Softskills dengan Capaian Hasil Belajar Praktik Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd, (II) Dr. R. M. Sugandi, S.T., M.T.

Kata Kunci: softskills, intrapersonal skills, interpersonal skills, hasil belajar praktik matakuliah Ilmu Ukur Tanah

Data prestasi akademik pada Ujian Akhir Semester mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan tahun akademik 2013/2014 sampai dengan 2015/2016 yang menempuh matakuliah Ilmu Ukur Tanah hanya 36% berpredikat kurang baik, selebihnya 64% berpredikat baik. Nilai Ujian Akhir Semester bersifat individu sehingga perolehan nilai dipengaruhi oleh hardskills dan softskills yang meliputi intrapersonal skills dan interpersonal skills pada setiap individu.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan intapersonal skills, interpersonal skills, dan hasil belajar praktik matakuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. (2) mengetahui hubungan antara softskills yang meliputi intrapersonal skills dan interpersonal skills dengan capaian hasil belajar praktik matakuliah Ilmu Ukur Tanah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-eksperimental ekpos fakto. Instrumen penelitian menggunakan angket teman sejawat. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi nilai untuk data Ujian Akhir Semester matakuliah Ilmu Ukur Tanah dan angket untuk data softskills. Kegiatan analisis dimulai dari tahap tabulasi data, klasifikasi data, analisis uji prasyarat, analisis uji hipotesis (korelasi ganda dan product moment) dengan signifikansi 0,05.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 6 simpulan yaitu: (1) kemampuan intrapersonal skills khususnya pada manajemen waktu dalam kategori sangat baik; (2) kemampuan interpersonal skills khususnya pada kemampuan memimpin dalam kategori sangat baik; (3) hasil belajar praktik matakulih Ilmu Ukur Tanah dalam kategori hampir baik karena rata-rata nilai yang dicapai adalah 66,36; (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara softskills dengan capaian hasil belajar praktik matakuliah Ilmu Ukur Tanah dengan nilai R = 0,440 dan signifikansi p = 0,000; (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara intrapersonal skills dengan capaian hasil belajar praktik matakuliah Ilmu Ukur Tanah dengan nilai R = 0,358 dan signifikansi p = 0,001; (6) terdapat hubungan positif yang signifikan antara interpersonal skills dengan capaian hasil belajar praktik matakuliah Ilmu Ukur Tanah dengan nilai R = 0,395 dan signifikansi p = 0,000.

 

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan: (1) dosen pengajar membekali mahasiswa dengan kemampuan softskills yang baik agar menghasilkan lulusan yang berkualitas; (2) mahasiswa perlu memperhatikan hardskills dan softskills; (3) penelitian selanjutnya dalam pengambilan data sebaiknya tidak hanya menggunakan angket teman sejawat tetapi juga diperlukan teknik observasi atau wawancara.