SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogi Mahasiswa Kajian dan Praktik Lapangan II Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan

Agustin Fitria Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

Ningsih, Agustin Fitria. 2017, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kompetensi Pedagogi Mahasiswa KPL Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. M. Sugandi, S.T., (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd

Kata kunci: Persepsi Siswa, Kompetensi Pedagogi, Prestasi Belajar.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya pada bidang kependidikan  harus menempuh matakuliah KPL (Kajian Praktek Lapangan) untuk mengembangkan kompetensi mengajar di sekolah. Hasil evaluasi kinerja mahasiswa yang melaksanakan KPL II diketahui bahwa 60% siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2016/2017 mendapatkan hasil prestasi belajar yang kurang memuaskan khususnya pada mata pelajaran Kontruksi Bangunan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogi mahasiswa KPL terhadap prestasi belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional, untuk mengambil data menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi.  Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 110 siswa kelas X Bidang Keahlian Teknik Bangunan di SMKN 2 Probolinggo dan SMK Islam 1 Blitar. Hasil validitas dari 30 siswa dan instrument sejumlah 37 didapat rerata item-total correction 0,522 > 0,3 maka dapat dinyatakan valid sedangkan reliabilitas cronbach’s Alpha 0,940 > 0,7 dapat dikatakan reliabel.

 

Hasil dari penelitian ini persepsi siswa tentang kompetensi pedagogi mahasiswa KPL tergolong kategori sangat baik dengan rerata skor 83.  Mahasiswa KPL menampilkan media dengan baik seperti memanfaatkan LCD untuk paparan materi yang akan dipelajari dan siswa sangat antusias ketika pembelajaran dengan menggunakan berbagai variasi metode pembelajaran. Hasil prestasi siswa yang diajar oleh mahasiswa KPL menunjukkan bahwa persepsi yang baik karena sebagian besar siswa memiliki nilai diatas KKM. Signifikansi dari penelitian ini didapat sebesar 0.00, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi < 0.05 maka dinyatakan “Ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogi mahasiswa KPL terhadap prestasi belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan”.