SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhMotivasiBelajardanLingkunganTempatTinggalTerhadapPrestasiBelajar Mata KuliahPerancanganGedung I (StudiKasus: mahasiswa S1-PTB di UniversitasNegeri Malang).

SONDANG ANGRIANI NAHAK

Abstrak


ABSTRAK

Nahak, Sondang Angriani. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Perancangan Gedung I (Studi Kasus: mahasiswa S1-PTB di Universitas Negeri Malang). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan,Jurusan Teknik Sipil, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.R.M Sugandi, S.T., M.T (II) Drs. Suparno, S.T., M.T

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Tempat Tinggal, Perancangan Gedung I

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar terbagi atas dua yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri manusia dan faktor eksternal yang berasal dari luar/lingkungan. Salah satufaktor internal yaitumotivasi. Motivasi belajar adalah keadaan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan terutama dalam dunia pendidikan. Motivasi belajar merupakan suatu kekuatan atau dorongan yang dapat diukur dengan 2 jenis yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik.Lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Dengan adanya lingkungan tempat tinggal yang baik maka akan berpengaruh pada prestasi belajar seseorang.

Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui motivasi belajar mahasiswa S1 PTB yang telah memprogram matakuliah perancangan gedung I (2) Mengetahui lingkungan tempat tinggal mahasiswa S1 PTB yang telah memprogram mata kuliah perancangan gedung I (3) Mengetahui prestasi belajar mahasiswa S1 PTB yang telah memprogram mata kuliah perancangan gedung I (4) Mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah perancangan gedung I (5) Mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan tempat tinggal secara bersama-samaterhadap prestasi belajar mata kuliah perancangan gedung I

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan S1 PTB di Universitas Negeri Malang yang telah memprogram mata kuliah perancangan gedung I tahun ajaran 2014/2015 dan 2015/2016. Sedangkan sampel penelitian ini digunakan sebanyak 67 mahasiswa.Instrumen penelitian ini berbentuk angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dana nalisisstatistikin ferensial regresi berganda.

Simpulan penelitian ini adalah: (1) Variabel motivasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan pada mata kuliah perancangan gedung I menunjukkan nilai presentase sebesar 69% (2) Variabel lingkungan tempat tinggal mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan terhadap mata kuliah perancangan gedung I menunjukkan nilai presentase sebesar 78% dan termasuk dalam kriteria baik. (3) Prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan pada mata kuliah perancangan gedung I tahun ajaran 2014/2015 dan 2015/2016 termasuk dalam kriteria kurang karena masih banyak mahasiswa yang belum lulus (4) Lingkungan tempat tinggal memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah perancangan gedung I

 

(5) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar perancangan gedung I mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan.