SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KINERJA PEMBELAJARAN SOFTSKILL SISWA SMK PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DALAM ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI WILAYAH MALANG

Efrilia Ekasari

Abstrak


Perkembangan zaman di Era MEA menuntut adanya tenga kerja menengah terampil drafter yang mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Lulusan dari SMK Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan dicetak untuk menjadi tenaga kerja menengah terampil yang berkualitas. Kualitas pekerjaan sangat dipengaruhi oleh kompetensi softskills. Kinerja sekolah merupakan komponen penting dalam suatu sistem pendidikan.  Kinerja menentukan hasil dari calon lulusan yang diharapkan dikaitkan dengan tuntutan DU/DI yang ada. Penilaian kinerja tersebut dapat dilihat dari kemampuan softskill yang dimiliki oleh siswa pada tingkat kelas tertinggi yakni pada jenjang kelas XII.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) profil kompetensi softskills siswa SMK Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Wilayah Malang Raya, (2) profil kebutuhan kompetensi DU/DI bidang pekerjaan gambar bangunan, (3) kinerja SMK Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Wilayah Malang Raya dalam membentuk kompetensi softs skills siswa dengan tuntutan DU/DI di Era MEA

Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Sipil Program Studi S1 Teknik Sipil Matakuliah Utilitas Bangunan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMKN 1 Singosari, SMKN 6 Malang, dan SMK Nasional. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai skor dari kuisioner.

 

Berdasarkan hasil evaluasi data tersebut, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, profil kompetensi softskills siswa SMK Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Wilayah Malang Raya  ada enam yakni kemampuan berbahasa asing, kejujuran, ketelitian, tanggung jawab atau dapat dipercaya, kemampuan bekerjasama, dan kemampuan menggunakan komputer. Kedua, profil kebutuhan DU/DI meliputi  mampu mengoperasikan office, jujur, teliti, dan dapat dipercaya, mampu berbahasa asing minimal bahasa inggris baik lisan maupun tertulis, serta dapat bekerja secara team. Ketiga, Kinerja SMK di Wilayah Malang Raya belum siap dalam membentuk softskills siswa sesuai dengan tuntutan yang dibutuhkan DU/DI di Era MEA.