SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesiapan Kerja Calon Lulusan SMK Islam 1 Blitar Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Dunia Kerja Jasa Konstruksi

Navies Nabella Rosta Putri Sanskia

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai kesiapan kerja siswa lulusan SMK Islam Blitar Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada dunia kerja jasa konstruksi, sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas siswa lulusan SMK Islam 1 Blitar Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan untuk memasuki dunia kerja jasa konstruksi, dan dapat  mengetahui kesiapan kerja dan kualitas lulusan SMK Islam 1 Blitar Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada dunia kerja jasa konstruksi.

Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan dan data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan kemudian diinterprestasikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anaisis deskriptif presentase.

 

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Kesiapan Kerja Lulusan SMK Islam Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan terasuk dalam kriteria baik. Siswa sudah melaksanakan tugas dan prosedur dimana dilihat dari nilai yang didapat sudah diatas dari nilai minimal yang ditentukan sekolah. Kelemahan yang didapat dari penelitian ini yaitu dilihat dari presentase nilai sub variabel sikap yang didapat dari test yaitu 76 dan dari presentase nilai sub variabel pengetahuan yang didapat dari raport yaitu 81. Dan Proses pembelajaran kompetensi sudah berjalan baik dilihat dari nilai yang didapat oleh siswa dari nilai test dan nilai raport, hasil yang didapat siswa termasuk dalam pembelajaran agar hasil yang didapat bisa termasuk dalam kriteria sangat baik.