SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Penumpang Terhadap Kenyamanan, Tata Ruang Dan Kelengkapan Fasilitas Terminal Bayuangga Kota Probolinggo

nimas retno Pipin

Abstrak


ABSTRAK

Retno, Nimas. 2016. Persepsi Penumpang Terhadap Kenyamanan, Tata Ruang dan Kelengkapan Fasilitas Terminal Bayuangga Kota Probolinggo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Boedi Rahardjo, M.Pd., M.T (II) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T., M.T.

Kata Kunci: persepsi penumpang, kenyamanan, tata ruang, kelengkapan fasilitas

Persepsi kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas pada bangunan terminal adalah proses dimana seseorang memperoleh informasi dari lingkungan sekitar yang memperlihatkan penggunaan ruang secara harmonis baik dari segi bentuk, tekstur, warna, aroma, suara, bunyi dan cahaya terhadap bangunan. Keseluruhan bangunan itu akan memberikan atau membentuk kesan rasa tertentu bagi penghuni atau orang lain yang hadir disana. Suasana yang dapat timbul antara lain tenang, meriah, membangkitkan gairah, bersih, dan suasana lain yang dapat ditimbulkan oleh bangunan itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi penumpang terhadap kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas terminal di terminal Bayuangga-Probolinggo.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan persepsi penumpang terhadap tingkat kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas di terminal Bayuangga Probolinggo. Populasi penelitian adalah seluruh penumpang yang berada di terminal Bayuangga Probolinggo. Sampel penelitian adalah penumpang yang berada di terminal Bayuangga yang diambil secara acak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penumpang terhadap kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas pada setiap aspek menurut persepsi penumpang secara umum baik dan dilihat dari aspek keseluruhan secara umum penumpang mempersepsi kenyamanan terminal dari beberapa kategori tergolong baik.  Persepsi penumpang terhadap kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas terminal masuk dalam kategori baik namun dari sembilan aspek yang telah memenuhi kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas yang baik diharapkan supaya dapat dijadikan contoh pembangunan terminal yang akan datang,

 

Penelitian ini terbatas pada peninjauan aspek-aspek kenyamanan, tata ruang dan kelengkapan fasilitas terminal yang meliputi: aspek kenyamanan sirkulasi, iklim atau kekuatan alam, kebisingan, aroma atau bau-bauan, bentuk, keamanan, kebersihan, keindahan, dan kelengkapan fasilitas terminal.