SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 2 JEMBER

Shela Destriana

Abstrak


ABSTRAK

Destriana, Shela. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 2 Jember.2016.,Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bagunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suparno, S.T., (II) M.T., Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd.

Kata kunci : motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasibelajar

Sekolah menengah kejuruan adalah salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan mempersiapkan kelulusan untuk siap bekerja.Mutu lulusan berkaitan dengan prestasi belajar.Prestasi belajar diperoleh setelah siswa melakukan proses belajar di sekolah. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Pada pra-observasi, diketahui prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Jember dibawah nilai rata-rata KKM. Peneliti melakukan penelitian terhadap dua faktor tersebut untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar.

Latar belakang diatas dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar siswa kelasXI dan XII kompetensi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Jember. Apakah ada pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII kompetensi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Jember.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Motivasi belajar siswa SMKN 2 Jember termasuk tinggi, (2)Lingkungan keluarga siswa SMKN 2 Jember termasuk rendah, (3) Prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember memiliki nilai di atas SKM, (4) Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dan variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember, (5) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember, (6) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember, (7) Motivasi belajar berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar pada siswa SMKN 2 Jember dibandingkan dengan variabel lingkungan keluarga

Saran yang dikemukakan peneliti adalahguru diharapkan dapat mempertahankan motivasi belajar yang dimiliki setiap siswa. Selain itu guru juga diharapkan lebih dekat dengan orang tua siswa.