SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Cara Produksi Makanan yang Baik (CPMB) pada Proses Pengolahan Makanan (Studi Kasus di My Baby Rental Catering Malang)

Rizki Alfi Nugrahani

Abstrak


ABSTRAK

Nugrahani, Rizki Alfi. 2017. Analisis Cara Produksi Makanan yang Baik (CPMB) pada Proses Pengolahan Makanan (Studi Kasus di My Baby Rental Catering Malang). Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P, (II) Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd.

Kata Kunci: CPMB, My Baby Rental Catering Malang

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara produksi makanan yang baik (CPMB) pada pengolahan makanan bayi di My Baby Rental Catering Malang meliputi (1) pemilihan bahan; (2) penyimpanan bahan makanan (3) proses pengolahan makanan; (4) pengangkutan makanan. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah tenaga pengolah makanan dan bagian purchasing di My Baby Rental Catering Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah pemilihan bahan di My Baby Rental Catering Malang meliputi cara pemilihan bahan segar, cara pemilihan makanan olahan pabrik, dan tidak menggunakan bahan tambahan pangan (BTP) sesuai dengan Pedoman CPMB Permenkes RI Nomor 1096 Tahun 2011.

Penyimpanan bahan makanan belum dilengkapi dengan tanda first in first out (FIFO) dan first expired first out (FEFO) serta belum memperhatikan suhu penyimpanan bahan makanan.

Pengolahan makanan di My Baby Rental Catering Malang yaitu pengolahan bubur halus, nasi tim, dan sayur, teknik pengolahan yang digunakan merebus dan mengetim, belum menggunakan resep standar, masih menggunakan garam dan gula dalam pengolahan makanan bayi usia 6-12 bulan, pengolah makanan tidak menggunakan sarung tangan, celemek, penutup kepala saat mengolah makanan.

Pengangkutan makanan di My Baby Rental Catering Malang menggunakan sepeda motor dan belum menggunakan box khusus untuk pengangkutan makanan. Kegiatan sebelum pengangkutan makanan adalah pengemasan makanan. Pengemasan di My Baby Rental Catering Malang menggunakan 3 jenis kemasan, semua bahan kemasan yang digunakan belum food grade, pengemasan makanan belum disertai dengan label makanan yang memuat keterangan produk yang dijual oleh My Baby Rental Catering Malang.