SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Nilai Mata Kuliah Hidrologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Kendy Puspitasari

Abstrak


Internet dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam segala hal termasuk dalam hal pendidikan. Informasi yang didapatkan dari internet cenderung lebih up to date dibandingkan dengan buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, (2) mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan.

 

Penelitian ini dilakukan di jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (X), sedangkanvariabel terikatnya adalah nilai mata kuliah Hidrologi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan pada semester genap 2013/2014 dan genap 2015/2016 yang memprogram mata kuliah Hidrologi dengan populasi 221 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mata kuliah Hidrologi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 27,5%, (2) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berpengaruh secara ignifikan terhadap prestasi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan dengan nilai rhitung= 0,682 > rtabel= 0,235. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperolehnilai Fhitung= 58,23 ≥ Ftabel= 3,99. Jadi, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima pada taraf signifikansi 5%.

 

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Hidrologi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori tinggi, (2) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berpengaruh secara signifikan terhadap nilai mata kuliah Hidrologi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan.