SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Faktor Penyebab Motivasi Belajar pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak antara Siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang

Fachryan Kamal Faruq

Abstrak


Motivasi merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar, sehingga besar sekali pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan seseorang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang: motivasi siswa SMK Negeri, motivasi siswa SMK Swasta, dan perbedaan faktor penyebab motivasi belajar siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang, SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Nasional Malang.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang menempuh mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang, SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Nasional Malang. Subjek penelitian ini adalah 116 siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji t.

 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) Siswa Kelas XI SMK Negeri mempunyai motivasi belajar pada faktor internal dengan kategori tinggi sebanyak 46,51%, sedangkan pada faktor eksternal dengan kategori tinggi sebanyak 41,86%, sehingga tingkat motivasi belajar siswa dominan dalam kategori “tinggi”. (2) Siswa Kelas XI SMK Swasta mempunyai motivasi belajar pada faktor internal dengan kategori tinggi sebanyak 36,67%, sehingga tingkat motivasi belajar pada faktor eksternal siswa dominan dalam kategori “tinggi”, sedangkan pada faktor eksternal dengan kategori rendah sebanyak 43,33%, sehingga tingkat motivasi belajar pada faktor eksternal siswa dominan dalam kategori “rendah”. (3) Motivasi belajar siswa SMK Negeri untuk mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak paket keahlian Teknik Gambar Bangunan lebih besar dari pada SMK Swasta, perbedaan tersebut tampak pada motivasi eksternal yang dipengaruhi oleh sarana dan prasarana serta peran orang tua.