SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KONSTRUKSI KAYU PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

RAMADINI ERLITA YAMIN

Abstrak


ABSTRAK

Erlita Y, Ramadini. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konstruksi Kayu Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Hadi Wasito, Dip. Ed,  M.Pd., (II) Drs. Mujiyono, M.Pd.

Kata Kunci : Pengembangan, Buku Diktat, Konstruksi Kayu, Sambungan Kayu

Sambungan Kayu merupakan salah satu materi yang ada pada mata kuliah Konstruksi Kayu di S1 Pendidikan Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Malang. Dari hasil observasi ditemukan bahwa belum adanya bahan ajar khusus sambungan kayu  untuk mahasiwa. Skripsi ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan buku diktat untuk pembelajaran mata kuliah Konstruksi Kayu Jurusan Teknik Sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sudah dimodifikasi. Adapun langkah-langkah pengembangan yang sudah dimodifikasi adalah sebagai berikut: (1)Identifikasi Masalah, (2)Pengumpulan bahan, (3)Proses penyusunan buku diktat, (4)Uji kelayakan buku diktat, (5)Revisi dari uji kelayakan, (6)Buku Diktat selesai disusun. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan kelompok sasaran dari Jurusan Teknik Sipil Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Validasi Ahli Materi dilakukan oleh 1 dosen yang mengajar mata kuliah Konstruksi Kayu dan Validasi Kelompok Sasaran dilakukan oleh 23 mahasiswa dari angkatan 2014 dan angkatan 2015 yang pernah dan sedang menempuh mata kuliah Konstruksi Kayu pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

Validasi dengan menggunakan angket, angket ini menggunakan empat (4) tingkat penilaian menurut skala Likert dalam bentuk check list dan dilengkapi dengan kolom komentar dan saran. Dari hasil data validasi diperoleh: (1) Tingkat kelayakan oleh ahli materi mencapai presentase 73,86 % yang berada dalam kategori cukup valid, (2) Tingkat kelayakan oleh kelompok sasaran mencapai presentase 78,06% yang berada dalam kategori sangat valid.

Berdasarkan hasil validasi produk, didapatkan kesimpulan yang berisi kelebihan dan kekurangan produk yang didapatkan dari pembahasan kolom saran dan komentar dari validator. Serta saran pemanfaatan dan pengembangan produk lebih lanjut. Pada saran pengembangan produk lebih lanjut berisi tentang kekurangan produk yang dapat diperbaiki dan dikembangkan oleh peneliti lainnya.