SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kemampuan Menggambar Teknik Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 6 Malang

Juliayana Betty Hutapea

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa dalam memahami gambar. Penelitian yang akan dilakukan hanya berkisar pada kecerdasan visual spasial yang berkaitan dengan kemampuan menggambar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan visual spasial siswa, gambaran kemampuan menggambar teknik siswa, serta hubungan kecerdasan visual spasial dan kemampuan menggambar teknik siswa program keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 6 Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah kelas XI TGB 1 dan XI TGB 2 yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data antara lain dengan test psikologi dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang, serta dokumentasi nilai mata pelajaran Gambar Teknik dari guru yang bersangkutan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kecerdasan spasial siswa SMK Negeri 6 Malang adalah tinggi dengan rata-rata skor 19,74. Siswa dengan kecerdasan visual spasial sangat tinggi dengan presentase 44,7%, tinggi sebanyak 36,2%, sedang sebanyak 14,9% dan rendah sebanyak 4,2%. Kemampuan menggambar teknik siswa berdasarkan analisis yang dilakukan pada nilai mata pelajaran Gambar Teknik adalah baik dengan nilai rata-rata 79,36.  Siswa yang tergolong dalam kategori sangat baik sebanyak 46,80% dan kategori baik sebanyak 53,2%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang hubungan kecerdasan visual-spasial dan kemampuan menggambar teknik siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMKN 6 Malang, terdapat korelasi positif antara kecerdasan visual spasial dengan kemampuan menggambar teknik dengan nilai korelasinya sebesar r=0,329 dan p(sig)=0,024. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) gambaran kecerdasan visual spasial siswa adalah tinggi dengan skor rata-rata 19,74, (2) gambaran kemampuan menggambar teknik siswa baik dengan nilai rata-rata 79,36, (3) terdapat hubungan positif kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan menggambar teknik siswa program keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 6 Malang.