SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Software Analisis dan Desain Kolom Struktur Baja Berdasarkan SNI 1729:2015 Menggunakan Bahasa Pemrograman FORTRAN 95

Danang Prakoso

Abstrak


Analisis perhitungan dan perencanaan untuk kolom struktur baja dapat dihitung menggunakan metode manual ataupun dengan bantuan program komputer.Software untuk analisis dan desain perancangan kolom baja masih menggunakan SNI baja terdahulu yaitu SNI 1729-2002. Maka dari itu dibutuhkan software untuk analisis dan mendesain kolom struktur baja menggunakan SNI baja terbaru, yaitu SNI 1729:2015.

Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah membuat suatu program yang digunakan untuk menganalisis dan mendesain kolom struktur baja berdasarkan SNI 1729:2015 dengan bantuan bahasa pemrograman FORTRAN.

Program yang dibuat bertujuan untuk analisis dan desain profil kolom baja. Perhitungan program untuk analisis yaitu bertujuan untuk menganalisis profil dengan beban yang sudahdirencanakan, sedangkan untuk perhitungan program desain yaitu menentukan profil kolom baja yang aman digunakan dengan beban yang telah direncanakan.

 

Kesimpulan dari penelitian ini berupa perbandingan hasil analisis perhitungan program dengan perhitungan manual menggunanakan SNI 1729: 2015, didapat perbedaan nilai sekitar 0,99 - 1,039 untuk perhitungan analisis. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pembulatan nilai saat menghitung satuan. Sedangkan untuk perhitungan desain, profil yang didapat dari perhitungan program lebih ekonomis daripada perhitungan manual, hal ini terlihat dari profil yang didapat dari perhitungan program lebih kecil daripada perhitungan manual. Selain ekonomis dengan perhitungan program akan lebih efisien didapat profil yang aman dari pada perhitungan manual.