SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA, PERAN GURU, DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK JURUSAN TEKNIK BANGUNAN KABUPATEN DAN KOTA BLITAR

Amir Aly Dwiyusufiocta Zucsas

Abstrak


ABSTRAK

Zucsas, Amir AlyDwiyusufiocta. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua, PeranGuru, dan Lingkungan terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Jurusan Teknik Bangunan Kabupatendan Kota Blitar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan teknik Bangunan, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd., (II) Drs.Sutrisno, S.T., M.Pd.

Kata Kunci: polaasuh orang tua, peran guru, lingkungan, kemandirianbelajar

Kemandirian belajar merupakan sikap tanggung jawab seseorang agar anak tidak tergantung pada orang lain, percayadiriakantugas yang dihadapi dan mampu memecahkan masalah sendiri. Kemandirian belajar dapat ditentukan oleh pola asuh orang tua mulai dari perhatian, membimbing, mendidik, mengurus, dan melatih perilaku untuk membentuk kemandirian belajar pada anaknya. Peran guru juga penting dalam membentuk kemandirian belajar siswa dengan memberikan pengajaran, pendidikan, dan bimbingan. Lingkungan disekitar merupakan tempat belajar yang dapat mempengaruhi perkembangan kemandirian belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar, hubungan peran guru terhadap kemandirian belajar,hubungan lingkungan terhadap kemandirian belajar, dan ada atau tidaknya hubungan pola asuh orang tua, peran guru, dan lingkungan terhadap kemandirian belajar siswa SMK JurusanTeknik Bangunan Kabupaten dan Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang mendeskripsikan hasil penelitian hubungan pola asuh orang tua, peran guru, dan lingkungan terhadap kemandirian belajar siswa. Jumlah responden sebanyak 220 siswa dari kelas X dan XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis menggunakan deskriptif, korelasibivariate,dankorelasiganda.

Hasil analisis menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar dengan nilai 0,000