SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

StudiKarakteristikLaluLintasdan Tingkat PelayananRuasJalanLingkarUniversitasBrawijaya

NUR AFIDAH RIZKY AMALIA

Abstrak


Peningkatan volume lalu-lintas yang tidak seimbang dengan peningkatan kapasitas dan kinerja jalan dan bercampurnya penggunaan lahan menimbulkan permasalahan lalu-lintas ruas jalan lingkar UB (Jalan Veteran, Jalan Gajayana, Jalan MT. Haryono, dan Jalan Mayjen Panjaitan).Parameter karakteristik lalu-lintas yang merupakan faktor penting dalam perencanaan lalu-lintas adalah volume, kecepatan, dan kepadatan. Fungsi utama dari suatu jalan adalah memberikan pelayanan transportasi sehingga pemakai jalan dapat berkendaraan dengan aman dan nyaman. Kondisi pelayanan jalan mecerminkan tingkat pelayanan jalan yang diperoleh.Tingkat pelayanan jalan dipengaruhi oleh kapasitas dan derajat kejenuhan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui karakteristik lalu-lintas jalan lingkar UB; (2)  Mengetahui tingkat pelayanan ruas jalan lingkar UB.

Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan survei volume kendaraan, kecepatan kendaraan, hambatan samping, serta geometri jalan.Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Data penelitian didapat dengan melakukan survey traffic counting pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis pukul 06.00-08.00 dan 16.00-18.00.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakterisktik lalu-lintasuntuk jalan lingkar UB, rata-rata volume kendaraan yang melintas 2237,29 smp/jam, kecepatan rata-rata pada ruas jalan tersebut 24,55 km/jam, dan kepadatan rata-rata 91,86 smp/km. Volume terbesar terjadipadaJalan Veteran 3795,7smp/jam, kecepatan tertinggi terjadi pada Jalan Veteran 34,67 km/jam, dan kepadatan tertinggi terjadi pada Jalan Gajayana 127,22 smp/km. (2)Rentang tingkat pelayanan untuk ruas jalan lingkar UB dari tingkat B sampai dengan tingkat F. Tingkat pelayanan jalan tertinggi terjadi pada Jalan Gajayana,saat pagi hari dengan tingkat F dan saat sore hari dengan tingkat D.