SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan pola belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa teknik sipil smk di kabupaten banyuwangi tahun ajaran (2016/2017)

Ardana Rinjang Oktariawan

Abstrak


Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusiakeberhasilan proses belajarmengajardapattercermindarihasilbelajarsiswaPrestasi belajar yang baik merupakan dambaan setiap para siswa. Namun untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik tersebut bukanlah hal yang mudah bagi siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut meliputi (1) faktor internal dan (2) factor eksternal. Beberapa dianatara factor internal  dan eksternal antara lain adalah pola belajar dan fasilitas belajar. Hasil belajar yang maksimal juga harus diimbangi dengan kebiasaan belajar dan fasilitas belajar yang dimiliki oleh siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola belajar terhadap prestasi belajar, perbedaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dan ada atau tidaknya interaksi pola belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang dipilih adalah siswadan siswi jurusan teknik sipil di Kabupaten Banyuwangi sebanyak 319 siswa dan sampelnya sebesar 177 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proppotional random sampling.Skala pengukuran menggunakan skala Liker tdengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2 jalur.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan: (1) terdapat perbedaan pola belajar terhadap  prestasi belajar siswa secara signifikan, dan pola belajar kelompok lebih baik dari pada pola belajar individu dalam meningkatkan prestasi belajar  (2) terdapat perbedaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa secara signifikan, dan fasilitas belajar baik lebih baik daripada fasilitas belajar kurang baik dalam meningkatkan prestasi belajar, (4) tidak ada interaksi antara pola belajar dan fasilitas belajar siswa.

Berdasarkanhasilpenelitianini, penelitimenyarankanbagisiswasupaya lebih meningkatkan  semanagat dalam membiasakan diri untuk belajar, baik itu membiasakan diri belajar secara individu maupun belajar secara bersama sama atau berkelompok .Selain itu di harapkan siswa untuk mampu mengoptimalkan dalam menggunakan fasilitas belajar yang telah di sediakan oleh sekolah maupun fasilitas pribadi. Bagi orang tuaUntuk lebih mendukung dan memperhatikan dalam bentuk memberikan fasilitas belajar di rumah yang memadai untuk belajar anak didikdanbagisekolahSupaya lebih meningkatkan pada fasilitas belajarnya baik secara kuantitas maupun kualitasnya, Sehingga di harapkan siswa akan lebih bersemangat dalam belajar disekolahan maupun dirumah sehingga bias menunjang nilai prestasi belajarnya