SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Minat dan Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang antara Profesi Guru dan Industri Konstruksi

ALFAN DARMAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Darmawan, Alfan. 2016.Minat dan Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang antara Profesi Guru dan Industri Konstruksi. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, M.Pd., (II) Drs. Mujiyono, M.Pd.

 

Kata Kunci:minat, kesiapan kerja, profesi guru, industri konstruksi.

 

Sesuai dengan visi dan misi program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, bahwa bagi masing-masing mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tersedia dua pilihan antara profesi sebagai guru dan profesi sebagai tenaga profesional di industri konstruksi.Penelitian ini berusaha mengungkap minat dan kesiapan kerja mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan terkait dengan dua macam pilihan tersebut diatas. Serta bagaimanakah hubungan antara minat dan kesiapan kerja tersebut.

 

Berdasarkan penjelasan diatas, maka disimpulkan rumusan masalah daripenelitianiniadalah: (1) Bagaimanakahminat mahasiswa terhadap profesi guru dan industri konstruksi, (2) Bagaimanakah kesiapan kerja mahasiswa terhadap profesi guru dan industri konstruksi, dan (3) Bagaimana hubungan minat dan kesiapan kerja mahasiswa terhadap profesi guru dan industri konstruksi .

 

Jenispenelitianadalah deskriptif dan korelasi dengan mengunakanpendekatankuantitatif. Populasi penelitian adalahmahasiswa S1 PendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeri MalangAngkatan 2012, 2013, dan 2014. Pengambilan sampelmenggunakan teknik randomsamplingdengan25% dari jumlah masing-masing angkatan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 125 mahasiswa. Instrumen yang digunakanberupaangket dengan jawaban tertutup yang berbentuk checklist. Teknik analisis data menggunakan analisisdeskriptifdananalisiskorelasi.

 

Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Minat mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan lebih besar pada industri konstruksi dibandingkan profesi guru yaitu 85,08%. (2) Kesiapan kerja mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan lebih besar pada industri konstruksi dibandingkan profesi guru yaitu 83,70%. (3) Hubungan minat dan kesiapan kerja mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan, pada profesi guru dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,276 rtabel sebesar 0,361 pada taraf signifikasi 5% dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.