SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Kinerja Angkutan Umum (Mikrolet) Jalur Sendang Biru-Turen, Kabupaten Malang

Lucky Ferrydinata

Abstrak


Salah satu angkutan umum yang beroperasi adalah jalurSendang Biru-Turen, permasalahan yang sering muncul adalah rendahnya kecepatan kendaraan, angkutan berputar balik di tengah perjalanan, sopir yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas, dan tidak ada jadwal yang tetap dan teratur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja angkutan umum trayek Sendang Biru-Turen, (2) jumlah pendapatan bersih sopir angkutan umum trayek Sendang Biru-Turen per hari berdasar load factor.

Pengumpulan data menggunakanmetodesurveioffboard, onboard, dan wawancara. Parameter kinerja dan operasi angkutan meliputi loadfactor,headway,waktutempuh, waktu henti, kecepatan kendaraan dan penentuan pendapatan bersih sopir per hari.

Hasilpenelitian: (1) parameter kinerja angkutan umum:load factor offboardper segmen rata-rata per hari 25,5%,load factor onboardtertingi per segmen pada hari libur sebesar35,66%, untuk hari kerja sebesar 34,1%, load factormenunjukkan masih di bawah kategori ideal, waktu tempuh keseluruhan perjalanan1 jam 16 menit, waktu henti di Turen rata-rata 1 jam 9 menit dan di pasar Sitiarjo rata-rata 1 jam 35 menit(belum memenuhi standar), kecepatan rata-rata sebesar26,14 km/jam, headway di pasarTuren rata-rata sebesar 14 menit, dan di pasar Sitiarjo rata-rata sebesar 22 menit, keduanya termasuk headway ideal dan headway maksimum,(2)pendapatan bersih sopir berdasarkan load factor sebesar Rp. 61.725 pada hari kerja dan pada hari libur Rp. 49.575, rata-rata pendapatan sopir sebesar Rp. 40.000 per hari. Pendapatan ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari beserta berkeluarga.