SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Profesionalisme Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Kontruksi Kayu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kediri

Andrian Dwijaya Arishanda

Abstrak


Prestasi belajar siswa merupakan salah satu keberhasilan guru dalam mengajar. Untuk mencapai prestasi belajar optimal siswa, guru harus meningkatkan profesionalisme dalam mengajar. Karena, guru yang bertanggung jawab untuk membimbing, mengajar dan mengorganisasikan lingkungan kelas yang berhubungan dengan peserta didik dan bahan ajar yang akan diajarkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara profesionalisme guru mata pelajaran produktif dan prestasi belajar siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Sampel sejumlah 32 siswa Teknik Konstruksi Kayu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, dan analisiskorelasi product moment.

Hasil penelitian didapatkan profesionalisme guru mata pelajaran produktif SMK Negeri 1 Kediritermasuk dalam kategori sedang dengan nilai  66,47 yang berada pada klasifikasi 61.45-71.41, prestasi belajar siswa teknik konstruksi kayu pada ujian akhir semester gasal dikategorikan rendah dengan prosentasi yang didapatkan pada  mata pelajaran teori 53,125 % dan pada mata pelajaran praktik 46,875 % di bawah KKM. Berdasarkan hasil interpretasi didapatkan bahwa hubungan antara Profesionalisme guru mata pelajaran produktif dengan prestasi belajar siswa kelas XI teknik konstruksi kayu dinyatakan sedang atau cukup dengan nilai korelasi 0,658 dan berdasarkan pada kriteria yang ada, hubungan kedua variabel signifikan karena angka signifikasi sebesar 0,00 < 0,01. Melihat dari arah korelasi antara  dua variabel tersebut, angka koefisien hasilnya positif, yaitu : 0,658. Maka hasil korelasi kedua variabel bersifat searah. Maksud dari nilai tersebut adalah jika profesionalisme guru mata pelajaran produktif semakin tinggi, maka prestasi belajar siswa semakin tinggi pula.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran produktif dinyatakan sedang. Agar bisa tercapai profesionalisme guru yang baik. Maka guru disrankan untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan konsep sambungan dan hubungan kayu pada jenis konstruksi kayu, meningkatkan kemampuan dalam mendidik siswa, memberikan motivasi siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa sebagai tindakan refleksi, menggunakan sumber-sumber terbaru saat melaksanakan proses pembelajaran. Sehingga dengan meningkatnya profesioanilsme  guru, maka dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.