SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Faktor Ekstrinsik dan Intrinsik terhadap Pemilihan Program Studi Menurut Persepsi Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang

Myan Nawatur Rizka

Abstrak


Beragam jurusan yang terdapat di perguruan tinggi memberikan pilihan pada calon mahasiswa untuk memilih program studi yang diinginkan. Setiap mahasiswa mempunyai pertimbangan yang berbeda dalam memilih program studi karena mereka mempunyai visi dan misi yang berbeda. Pertimbangan tersebut meliputi faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik. Banyaknya pertimbangan mahasiswa dalam memilih program studi merumuskan faktor yang mempengaruhi pemilihan perlu dilakukan. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai faktor yang mempengaruhi pemilihan program studi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat pengaruh faktor ekstrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil; (2) mendeskripsikan tingkat pengaruh faktor intrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner. Data angket/kuesioner dalam penelitian ini untuk variabel faktor ekstrinsik dan variabel faktor intrinsik. Kegiatan analisis data dimulai dari tabulasi (skoring) data, dan analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan pertama, faktor ekstrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 PTB  adalah lingkungan keluarga sebesar 63,07%, sedangkan yang terkecil adalah teman sebaya sebesar 47,34%. Faktor ekstrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi D3 TSB adalah lingkungan masyarakat sebesar 67,78%, sedangkan yang terkecil adalah lingkungan keluarga sebesar 63,94%. Faktor ekstrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 TS adalah lingkungan keluarga sebesar 65,18%, sedangkan yang terkecil adalah teman sebaya sebesar 51,50%. Kedua, faktor intrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 PTB  adalah cita-cita sebesar 79,38%, sedangkan yang terkecil adalah bakat sebesar 61,76%. Faktor intrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi D3 TSB adalah bakat sebesar 66,81%, sedangkan yang terkecil adalah cita-cita sebesar 53,19%. Faktor intrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 TS adalah cita-cita sebesar 74,51%, sedangkan yang terkecil adalah bakat sebesar 60,30%.

Disimpulkan bahwa faktor ekstrinsik yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa S1 PTB dan S1 TS dalam pemilihan program studi adalah lingkungan keluarga dan untuk mahasiswa D3 TSB adalah lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor intrinsik yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa S1 PTB dan S1 TS dalam pemilihan program studi adalah cita-cita dan untuk mahasiswa D3 TSB adalah bakat.