SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KARAKTERISTIK DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

MOCH AQFA SYABAHID MARDHIKA

Abstrak


Universitas Negeri Malang adalah Perguruan Tinggi Negeri dengan jumlah civitas akademika terbanyak ke-2 di Kota Malang. Untuk menunjang aktivitas para civitas akademika diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Prasarana yang dibutuhkan akan tetapi banyak terabaikan adalah fasilitas pejalan kaki. Ketersediaan fasilitas pejalan kaki di dalam lingkungan kampus yang terbatas menyebabkan para pejalan kaki menggunakan badan jalan sebagai prasarana untuk melakukan pergerakan, sehingga sewaktu-waktu dapat terjadi konflik antara pejalan kaki dengan pengguna kendaraan bermotor dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi geometri fasilitas pejalan kaki di Universitas Negeri Malang (2) mengetahui karakteristik pejalan kaki dan karakteristik arus fasilitas pejalan kaki di Universitas Negeri Malang (3) mengetahui tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki di Universitas Negeri Malang. Metode penelitian ini mencakup beberapa tahap yaitu survei lokasi penelitian, survei kondisi geometri, pengumpulan data jumlah pejalan kaki yang menggunakan trotoar, mencatat hasil yang dilakukan tiap 15 menit, pengukuran kecepatan pejalan kaki, dan penyebaran kuesioner tentang identitas, tujuan, waktu dan jarak pejalan kaki. Analisis data dilakukan untuk memperoleh hasil kondisi geometri, karakteristik pejalan kaki, karakteristik arus fasilitas pejalan kaki dan tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52% ruas jalan di dalam lingkungan kampus belum tersedia trotoar. Lebar  rata-rata trotoar adalah 1.33 m kurang dari standar minimal petunjuk perencanaan trotoar no.007/T/BNKT/1990 yaitu 2 m. Jenis penutup trotoar didominasi dengan jenis paving beton. Karakteristik pejalan kaki berdasarkan identitas pejalan kaki menunjukkan bahwa 51% adalah perempuan dengan mayoritas pekerjaan sebagai mahasiswa serta dominan berasal dari Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra. Pejalan  kaki menggunakan trotoar dominan pada pagi dan siang hari dengan tujuan terbanyak ke Gedung Kuliah. Arus pejalan kaki terbesar pada siang hari yaitu 4.2018 org/m/mnt. Kecepatan rata-rata pejalan kaki yaitu 63.49 m/mnt. Kepadatan pejalan kaki terbesar pada siang hari yaitu 0.0609 org/m2. Ruang pejalan kaki terbesar pada sore hari yaitu 28.0348 m2/org. Berdasarkan rasio, tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki pada pagi dan sore hari termasuk kategori A. Pada waktu siang hari tingkat pelayanan menurun menjadi kategori B.