SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMBAKARAN PADA TEMPERATUR 400°C TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN BAHAN TAMBAH FLY ASH DAN SERBUK BATU GAMPING

ABRAHAM ADI NARWASTU

Abstrak


ABSTRAK

Narwastu, Abraham Adi. 2016. Pengaruh Pembakaran pada Temperatur 400°C terhadap Kuat Tekan Beton dengan Bahan Tambah Fly Ash dan Serbuk Batu Gamping. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. H. Sudomo, M.T. (II) Drs. Wahjo Hendarto Yoh, M.T.

Kata Kunci:pembakaran, temperatur, 400°C, kuat tekan, fly ash, serbuk batu gamping, beton.

Kuat tekan beton akan terpengaruh oleh panas. Akibat panas, beton akan mengalami retak, terkelupas (spalling), dan kehilangan kekuatan. Guna meminimalisir kehilangan kuat tekan beton, maka penggunaan bahan-bahan alternatif perlu dicoba. Salah satu solusi pemecahan masalah di atas adalah dengan penggunaan limbah abu terbang (fly ash) dan serbuk batu gamping sebagai bahan tambahan yang dapat meningkatkan kuat tekan beton.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan fly ash dan serbuk batu gamping dalam menghadapi perubahan temperatur dengan caramembandingkan hasil kuat tekan antara beton normal yang tidak dibakar dan dibakar dengan beton campuran yang tidak dibakar dan dibakar.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Penelitian dilakukan dengan melakukan uji kuat tekan pada 40 silinder beton ukuran 15cm x 30cm. Kelompok kontrol adalah 20 beton normal yang tidak diberi tambahan fly ash dan serbuk batu gamping, kelompok eksperimen adalah 20 benda uji yang diberi 25% fly ash dan 15% serbuk batu gamping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kuat tekan beton dalam keadaan tidak dibakar antara beton normal dan beton dengan penambahan fly ash dan serbuk batu gamping, yaitu berturut-turut sebesar 256.65 kg/cm2dan325.85 kg/cm2atau mengalami peningkatan kuat tekan sebesar 26,86% akibat penambahan 25% fly ash dan 15% serbuk batu gamping. Tidak terdapat pebedaan perubahan nilai kuat tekan beton akibat pembakaran antara beton normal dan beton dengan tambahan fly ash dan serbuk batu gamping. Akibat pembakaran pada suhu 400°C selama satu jam, beton normal dan beton dengan tambahan 25% fly ash dan 15% mengalami penurunan nilai kuat tekan sebesar 5,1737% dan 5,1672%.