SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kuat Geser Diagonal untuk Pasangan Dinding Batako Berlubang dengan Variasi Tebal Spesi dan Campuran Mortar

Fariza Emadianto

Abstrak


Tebal spesi dan campuran mortar merupakan hal yang perlu ditinjau kembali ketika pemasangan dinding batako, karena sangat berpengaruh terhadap kekuatan yang akan dialami dinding tersebut.

Penelitian tentang dinding pasangan untuk kuat geser telah banyak dilakukan antara lain, Barron (2002), Rizal (2010), Nugroho (2010), Widjaja (2012). Namun penelitian mengenai aspek tebal spesi dan campuran mortar belum pernah diteliti secara langsung. Untuk itu penulis ingin melakukan penelitian mengenai kuat geser diagonal untuk pasangan dinding batako berlubang dengan variasi tebal spesi dan campuran mortar. Tujuannya adalah untuk mengetahui kuat geser diagonal optimum pasangan dinding batako terhadap pengaruh dari variasi tebal spesi dan campuran mortar.

Penelitian ini bersifat eksperimen. Benda uji berukuran ± 66 x 66x10 cm sebanyak 27 buah pasangan diding batako berlubang. Dalam penelitian ini variabel bebas terdiri dari variasi tebal spesi 1 cm, 2 cm, 3 cm, dan variasi campuran mortar 1 semen : 3 pasir, 1 semen : 4 pasir, 1 semen : 5 pasir, dengan faktor air semen 0,4. Variabel terikatnya adalah kuat geser diagonal dinding pasangan batako.

Dari penelitian ini menunjukkan kuat geser yang paling efektif digunakan adalah variasi 1 semen : 4 pasir dengan tebal spesi 2 cm dengan nilai kuat geser 3,13 kg/cm2. Pengunaan campuran mortar 1 semen : 4 pasir dengan tebal spesi 2 cm pada pasangan dinding batako sangat baik digunakan karena memiliki daya ikat yang kuat dibandingkan campuran yang lain.

Kata Kunci: batako berlubang, mortar, tebal spesi, campuran mortar, kuar geser