SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Kelompok Mata Pelajaran Produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Probolinggo

Mohammad Agusdianto

Abstrak


Agusdianto, Mohammad FaroqDwi. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Kelompok Mata Pelajaran Produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Probolinggo.Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II)Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

Katakunci:  evaluasi, program pembelajaran pendekatan saintifik, matapelajaran produktif.

Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik merupakan salah satu elemen yang penting dalam kurikulum 2013. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan serta keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang menghasilkan peserta didik produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui input program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik; (2) mengetahui proses program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik; dan (3) mengetahui produk program pembelajaran menggunakan pendekatansaintifik.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan stake. Populasi dalam penelitian ini adalah program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mata pelajaran produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Probolinggo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert.Teknik analisis data menggunakan deskriptif.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Input program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik matapelajaran produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Probolinggo dilihat dari kesiapan guru dengan skor rerata sebesar 76,93 masuk kategori baik, kesiapan siswa dengan skor rerata 64,77 masuk kategori cukup, sedangkan kesiapan sarana pendukung dengan skor rerata 55,68 masuk kategori kurang, (2) Proses program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mata pelajaran produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Probolinggo dengan skor rerata 69,77 masuk kategori cukup, (3) Produk program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mata pelajaran produktif Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Probolinggo dengan capaian nilai hasil belajar siswa rerata skor 61,91 masuk kategori cukup.