SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 1 MADIUN

setyo juni erlambang

Abstrak


ABSTRAK

Erlambang, SetyoJuni. 2016. Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan HasilBelajarSiswa Mata Pelajaran Konstruksi Beton Bertulang Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 1 Madiun. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd., (II) Drs. EkoSuwarno, M.Pd.

 

Kata kunci:  multimedia, hasilbelajar

 

Metode pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran dengan ceramah dan power point dalam bentuk slide saja pada pembelajaran Konstruksi Beton Bertulang membuat kurangnya wawasan dan gambaran siswa tentang teori pengecoran beton. Pembelajaran menjadi kurang efektif dan berdampak pada hasil belajar siswa.Oleh karena itu dengan metode pembelajaran multimedia, materi pembelajaran dapat divisualisasikan dalam bentuk gambar, animasidan video sehingga lebih mudah dipahami siswa.Pembelajaran menjadi lebih efektif, menarik dan hasil belajar meningkat.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan multimedia mampu meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran konstruksi beton bertulang di SMK Negeri 1 Madiun?

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen desain yaitu eksperimen sederhana dengan membandingkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran multimedia.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Konstruksi Batu dan Beton kelompok eksperimen sebanyak 16 siswa, danSiswakelas XII Teknik Konstruksi Batu dan Beton kelompok control sebanyak 16 siswa. Teknik sampel menggunakan teknik sampel jenuh.Pengumpulan data menggunakan nilaites.Analisis menggunakan uji t.

 

Hasil analisis data menunjukkan siswa kelompok eksperimen mendapat nilai rata-rata 86,25 dan siswa kelompok control mendapat nilai rata-rata 76,00 sehingga siswa kelompok eksperimen dengan pembelajaran multimedia mendapat nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dari uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada signifikansi 0,01diperoleh t-hitung 7,269 dan t-tabel 2,750 sehingga t-hitung> t-tabel. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan yaitu hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelompok kontrol.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia pada mata pelajaran konstruksi beton bertulang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih mengembangkan pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran konstruksi beton bertulang.